Tak Ada Dana, KIP Pidie tak Bangun Panggung di Arena Kampanye

Pemkab belum menghibahkan dana untuk sarana pendukung pelaksanaan proses pemilu.

Tak Ada Dana, KIP Pidie tak Bangun Panggung di Arena Kampanye
Serambi
Fuadi Yusuf

Laporan Muhammad Nazar I Pidie

SERAMBINEW.COM,SIGLI - Kampanye terbuka yang dipusatkan di sebelas lapangan sepakbola di Pidie, ternyata tidak dibangun panggung kampanye oleh Komisi Independen Pemilihan (KIP) Pidie.
Alasan KIP Pidie tidak menyediakan panggung karena tidak memiliki dana. Pemkab belum menghibahkan dana untuk sarana pendukung pelaksanaan proses pemilu.

Baca: Hasil Lengkap India Open 2019 - Praveen/Melati dan Ricky/Angga Kalah, Indonesia Gagal Juara Umum

Berbeda dengan pileg sebelumnya yang dilaksanakan di Pidie justru panggung di arena kampanye dibangun, sehingga partai yang mengelar kampanye hanya membawa massa pendukungnya.
Ketua Divisi Teknik dan Penyelenggaraan KIP Pidie, Fuadi Yusuf, yang dihubungi, Serambinews.com, Minggu (31/3/2019) menjelaskan, panggung di arena kampanye tidak dibangun karena KIP Pidie tidak memiliki dana.

Baca: Pemerintah Siap Boikot Produk Eropa Masuk Pasar Indonesia Bila Diskriminatif Terhadap Sawit

Dana tersebut, kata Fuadi, bersumber dari hibah Pemkab Pidie. Sebab, panggung di arena kampanye merupakan kewajiban Pemkab setelah menyediakan lapangan sebagai arena kampanye.
"Banyak dana untuk pelaksanaan pemilu tidak cukup. Seperti biaya transportasi PPK, panggung kampanye dan kegiatan lainnya," sebut Fuadi.
Ia mengatakan, Pemkab seharusnya menganggarkan dana untuk kegiatan itu sebagai bentuk sharing bantuan dari Pemerintah Pusat, guna menyukseskan pemilu.

Baca: Ternyata 7 Sayuran Ini Tidak Boleh Anda Konsumsi Setiap Hari

"Dana untuk sharing pernah diusukan KIP kepada Pemkab, tapi sampai kini belum dikabulkan. Kalau besarannya tolong ditanyakan kepad Sekretaris KIP Pidie," ujarnya.
Sekretaris KIP Pidie, Iswandi yang dihubungi Serambinews.com, Minggu (31/3/2019) mengungkapkan, KIP Pidie pernah mengusulkan total dana sekitar Rp 1,9 miliar, untuk pembangunan Kantor KIP Pidie bersama kegiatan pelaksanaan pemilu.
" Tapi, khusus untuk dana diplotkan untuk bangun panggung kampanye, saya tidak ingat lagi. Saya kebetulan di Jakarta adanya kegiatan," jelasnya.
Dikatakan, dana Rp 1,9 miliar bersumber APBK Pidie 2019, informasinya dikabulkan. Bahkan, petugas telah turun ke Kantor KIP Pidie. (*)

Penulis: Muhammad Nazar
Editor: Mursal Ismail
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved