18 SKPA ‘Serbu’ Pedalaman Gayo

Plt Gubernur Aceh, Nova Iriansyah mengerahkan 18 SKPA (Satuan Kerja Pemerintah Aceh) melaksanakan

18 SKPA ‘Serbu’ Pedalaman Gayo
IST
PELAKSANA Tugas Gubernur Aceh, Nova Iriansyah menyerahkan bantuan secara simbolis untuk masyarakat Kemukiman Jamat, Kecamatan Linge, Aceh Tengah, pada bakti sosial dan Bulan Bakti Karang Taruna yang melibatkan 18 SKPA di pedalaman Gayo tersebut, Minggu (31/3). 

BANDA ACEH - Plt Gubernur Aceh, Nova Iriansyah mengerahkan 18 SKPA (Satuan Kerja Pemerintah Aceh) melaksanakan bakti sosial di Kemukiman Jamat, Kecamatan Linge, Aceh Tengah yang menurutnya untuk mempercepat penuntasan kemiskinan di pedalaman Gayo tersebut.

“Saya membawa 18 SKPA untuk melihat langsung dan membantu secepatnya apa yang bisa dibantu untuk Kemukiman Jamat ini,” kata Nova dalam pidatonya di hadapan masyarakat Kemukiman Jamat yang dipusatkan di Desa Reje Payung, Minggu (31/3).

Bakti sosial di Kemukiman Jamat dikombinasikan dengan Bulan Bakti Karang Taruna ditandai dengan penyerahan sumbangan dari Dinas Sosial Aceh berupa rehab rumah sosial sebanyak 12 unit, bantuan usaha, dan lainnya. “Yang jelas kita akan habis-habisan menuntaskan berbagai persoalan sosial termasuk di pedalaman Gayo,” kata Kadis Sosial Aceh, Alhudri yang mengomandoi bakti sosial dan Bulan Bakti Karang Taruna di Kemukiman Jamat.

Informasi tambahan diterima Serambi dari Kepala Pelaksana (Kalak) Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA), H Teuku Ahmad Dadek yang merincikan bantuan dan bakti sosial masing-masing SKPA di Kemukiman Jamat.

Menurut Dadek, selain Dinsos bantuan juga disalurkan oleh BPBA berupa bahan makanan 20 boks dan alat kebersihan 20 boks. Dinas Kesehatan Aceh melaksanakan bakti kesehatan selama dua hari melayani ratusan warga pedalaman tersebut.

Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil melaksanakan perekaman dokumen kependudukan, Dinas Kelautan dan Perikanan memberikan bantuan tambahan gizi dan bahan ikan sebanyak 500 porsi.

Selain itu, Dinas Perkim membangun tiga unit tempat penampungan air bersih, PUPR membangun jembatan Neusoh dengan nilai Rp 3,5 miliar, Disdik menyumbang 200 paket sekolah, Dinas Pertanian dan Perkebunan menyalurkan aneka jenis bibit tanaman termasuk bronjong pagar.

Bupati Aceh Tengah, Sabela Abubakar mengungkapkan baru pertama sekali Kemukiman Jamat dikunjungi oleh seorang Plt Gubernur dan dia berharap kawasan tersebut akan segera terbebas dari keterisoliran bahkan keluar dari belenggu kemiskinan.

Kadis Sosial Aceh, Alhudri menambahkan, Bulan Bakti Karang Taruna dilaksanakan sejak Sabtu (30/3) berupa gotong royong melibatkan Satpol PP Aceh, BPBD Aceh Tengah, Dinas Sosial Aceh Tengah, dan sejumlah lembaga lainnya.(nas)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved