Dua SMA di Bener Meriah Numpang UNBK di Sekolah Lain, Koneksi Internet belum Tersedia

Dua SMAN di Kabupaten Bener Meriah terpaksa harus menumpang disekolah lain untuk ikuti UNBK, karena ketiadaan koneksi internet.

Dua SMA di Bener Meriah Numpang UNBK di Sekolah Lain, Koneksi Internet belum Tersedia
SERAMBINEWS.COM/MUSLIM ARSANI
Plt Bupati Bener Meriah, Sarkawi, bersama kepala dinas Pendidikan Aceh Cabang Bener Meriah - Aceh Tengah, Abdul Hamid, tinjau pelaksanaan UNBK di beberapa sekolah di Bener Meriah, Senin (1/4/2019). 

Laporan Muslim Arsani | Bener Meriah

SERAMBINEWS. COM, REDELONG -  Dua SMAN di Kabupaten Bener Meriah terpaksa harus menumpang di sekolah lain untuk ikuti UNBK, karena ketiadaan koneksi internet.

Padahal dua sekolah tersebut yakni SMN 1 Syiah Utama, dan SMAN 1 Mesidah, sudah mempunyai kelengkapan perangkat untuk ujian, seperti komputer.

Namun, karena tidak ada koneksi internet dan jaringan seluler membuat sekolah itu harus menumpang ikuti ujian disekolah lain.

Kepala Dinas Pendidikan Aceh Cabang Bener Meriah - Aceh Tengah, Abdul Hamid, kepada Serambinews.com, Senin (1/4/2019) mengatakan bahwa dua sekolah tersebut harus mengikuti UNBK lantaran, koneksi internet belum menembus dua sekolah tersebut.

Baca: UNBK Tingkat SMA/MA di Aceh Timur Diikuti 4.314 Siswa

Baca: Pemkab Bener Meriah Minta Kemenlu RI Telusuri Dokumen Rekaman Siaran Radio Rimba Raya di India

Baca: VIDEO - UNBK di Pidie Lancar, Antisipasi Pemadaman Listrik Pihak Sekolah Sediakan Genset

"Untuk dua SMA ini, sebenarnya sudah punya perangkat dan peralatan, namun jaringan internet tidak ada, kita pindahkan untuk ujian di SMAN 1 Bandar," ungkapnya.

Bahkan, murid dari dua SMAN tersebut, lanjut ia, sudah dalam sebulan ini tinggal didekat lokasi ujian, hanya untuk sekedar les dan lebih mengetahui tentang cara penggunaan komputer, mengingat dua sekolah tersebut berada di daerah terpencil.

"Untuk SMAN I Syiah Utama, sebenarnya memiliki 10 komputer dari 8 siswa, begitu juga SMAN 1 Mesidah memiliki 8 komputer dari 10 siswa. Namun karena jaringan seluler di Kecamatan tersebut belum ada, terpaksa mereka dipindahkan kesekolah lain," terangnya.

Untuk itu ia berharap, agar tahun depan koneksi internet tersebut bisa masuk di dua Kecamatan di Bener Meriah, yakni di Kecamatan Mesidah, dan Kecamatan Syiah Utama.

" Kita berharap tahun depan mereka dapat melaksanakan UNBK di sekolahnya masing - masing, dan Telkom bisa memasang tower telkom di dua Kecamatan ini. Agar, sekolah ini memiliki akses internet," pukasnya.

Dilain sisi, Abdul Hamid katakan, untuk peserta ujian UNBK  di Kabupaten Bener Meriah, diikuti sebanyak 32 sekolah SMA/MA. Dengan jumlah total siswa sebanyak 1.590 orang. 

"Terdiri dari 21 SMA dan 10 MA. Alhamdulillah, untuk listrik dan koneksi internet selain dua sekolah tersebut, belum ada kendala berarti. Bahkan, koneksi internet cukup bagus tahun dari pada tahun sebelum - sebelumnya," papar Abdul Hamid. (*) 

Penulis: Muslim Arsani
Editor: Yusmadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved