Kompresor Meledak, Dua Nelayan Meninggal

Satu unit kompresor yang digunakan nelayan meledak saat mereka sedang mencari ikan di perairan Pulau Rusa

Kompresor Meledak, Dua Nelayan Meninggal
SERAMBINEWS.COM/BUDI FATRIA
Nelayan di dermaga Gampong Deah Baro, Kecamatan Meuraxa, Banda Aceh 

BANDA ACEH - Satu unit kompresor yang digunakan nelayan meledak saat mereka sedang mencari ikan di perairan Pulau Rusa dan Pulau Preeleng, Kecamatan Lhoong, Aceh Besar, Senin (1/4) pukul 14.30 WIB. Akibatnya, dua nelayan meninggal dan dua orang lainnya mengalami luka-luka.

Panglima Laot Aceh Besar, Baharuddin kepada Serambi kemarin mengatakan, dua nelayan yang meninggal tersebut adalah Defrizal (25) dan Syahrul (45). Sedangkan dua korban cedera adalah Fitriadi (40) dan Yasmadi (40), semuanya warga Gampong U Tamong, Lhoong, Aceh Besar.

Akibat luka yang dideritanya, Fitriadi dirujuk ke Rumah Sakit Harapan Bunda Banda Aceh karena mengalami luka bakar yang cukup serius, sehingga kondisinya kritis. Sedangkan Yasmadi hanya mengalami luka ringan sehingga hanya sempat dirawat di Puskesmas Lhoong, Aceh Besar.

“Satu orang cuma luka ringan, karena dia (Yasmadi) pawang, jadi harus berada di belakang, di bagian mesinnya. Sedangkan tiga lagi berada di depan,” ujar Baharuddin.

Berdasarkan informasi yang diperoleh Baharuddin, saat ini mereka baru saja menyelam dan naik ke permukaan. Namun, tanpa diketahui penyebab yang pasti kompresor yang mereka gunakan meledak dan mengenai semua yang berada di dalam boat.

Akibat kuatnya ledakan, kondisi boat tet-tet tersebut terbelah menjadi dua bagian dan tenggelam. Kejadian itu diketahui oleh nelayan lain yang sedang mencari ikan di kawasan itu sehingga mereka langsung merapat dan mengevakuasi korban.

Kedua korban meninggal sudah dikebumikan tadi malam, sedangkan satu korban luka berat masih menjalani perawatan intensif di Banda Aceh.

Menurut Baharuddin, para nelayan itu biasanya pergi melaut membawa kompresor sebagai alat bantu menyelam. Mereka biasanya menyelam untuk mencari lobster, teripang, dan terkadang sambil menembak ikan. (mun)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved