Tim Penilai Lomba Binter Kunjungi Kodim 0101/BS

Tim Penilai Lomba Pembinaan Teritorial (Binter) tingkat Komando Distrik Militer (Kodim) dari Pusat Teritorial

Tim Penilai Lomba Binter Kunjungi Kodim 0101/BS
IST
KETUA Tim Penilai Klarifikasi Lomba Binter Mabesad, Kolonel Inf Awal Nur didampingi Dandim0101/BS, Kolonel Inf Hasandi Lubis, Walikota Banda Aceh Aminullah dan Wabup Aceh Besar, Husaini A Wahab saat penyambutan Tim Peneliti Klarifikasi Lomba Binter di Makodi ABES, Banda Aceh, Senin (1/4). 

BANDA ACEH - Tim Penilai Lomba Pembinaan Teritorial (Binter) tingkat Komando Distrik Militer (Kodim) dari Pusat Teritorial Angkatan Darad (Pusterad), Senin (1/4), mengunjungi Kodim 0101/BS, Banda Aceh.

Kedatangan tim penilai yang diketuai Kolonel Inf Awal Nur, ikut didampingi dua perwira menengah (pamen) dan disambut Dandim 0101/BS Kolonel Inf Hasandi Lubis SIP, beserta Asisten Teritorial (Aster) Kasdam IM, Kolonel Inf Mahesa Fitriadi SAP dan Forkopimda Kota Banda Aceh dan Aceh Besar.

Kolonel Inf Awal Nur, sebagai ketua tim penilai menjelaskan, tujuan dilaksanakan kegiatan itu untuk mengevaluasi sejauh mana pelaksanaan binter yang dilakukan Satuan Komando Kewilayahan (Satkowil) khususnya di Kodim 0101/BS. “Bagaimana implemantasi di lapangan terhadap program yang sudah dilaksanakan Kodim. Dari situ akan kita nilai sampai sejauh mana persentasi yang dilakukannya selama bertugas,” terangnya.

Kegiatan itu juga untuk menciptakan suatu ketahanan kepada rakyat, melalui program-program yang dilaksanakan bekerja sama dengan forkopimda dan tokoh masyarakat di wilayahnya, sehingga nanti dapat menciptakan kemanunggalan TNI dengan rakyat. “Dari situ kita bisa nilai bagaimana jalinan kerja sama dengan forkopimda dan tokoh-tokoh masyarakat yang ada di wilayahnya,” ujar Kolonel Inf Awal Nur.

Ia juga menyampaikan, ada perbedaan penilaian terhadap pelaksanaan binter tingkat Kodim dari tahun sebelumnya, dimana tahun lalu menggunakan klasifikasi utama, madya dan pratama. Sedangkan tahun ini penilaiannya terbagi menjadi 4 tipe klasifikasi Kodim, yaitu A, B, C dan D. “Untuk klasifikasi Kodim tipe A merupakan Kodim yang berada di wilayah ibu kotanya provinsi, seperti Kodim Depok, Kodim Bogor, Kodim Tangerang dan Kodim Serang Banten,” paparnya.

Sedangkan klasifikasi Kodim tipe B berada di daerah perkotaan dan Kabupaten, sementara untuk kodim yang berada di pulau terluar dan daerah rawan termasuk ke dalam kategori tipe C dan D. “Tujuan dibuat klasifikasi 4 tipe itu agar dalam penilaian setiap satuan yang dilombakan sama kekuatan dengan kemampuannya. Karena, jika diadu dengan klasifikasi berbeda maka sudah pasti klasifikasi wilayah Kota yang menang,” imbuhnya.

Kegiatan itu dihadiri Wali Kota Banda Aceh, Aminullah Usman, Wakil Bupati Aceh Besar, Tgk Husaini A Wahab serta para SKPD dari dua kabupaten/kota tersebut, di samping hadir para ketua dari keluarga besar TNI.(rel/mir)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved