Ini Jumlah Pasien Gangguan Jiwa di Pidie

Data hingga Februari 2019 jumlah pasien/warga Pidie terjangkit gangguan jiwa mencapai 2.507 orang. Namun ada 1.361 orang sudah mandiri...

Ini Jumlah Pasien Gangguan Jiwa di Pidie
SERAMBINEWS.COM/NUR NIHAYATI
Petugas Puskesmas Simpang Tiga menjemput pasien jiwa di Gampong Blang, Simpang Tiga, Pidie untuk dirujuk ke RS Jiwa di Banda Aceh, Selasa (3/4/2019). 

Ini Jumlah Pasien Gangguan Jiwa di Pidie

Laporan : Nur Nihayati| Pidie

SERAMBINEWS.COM, SIGLI - Data hingga Februari 2019 jumlah pasien/warga Pidie terjangkit gangguan jiwa mencapai 2.507 orang. Namun ada 1.361 orang sudah mandiri.

"Mandiri bisa bekerja sesuai keahlian bisa bengkel atau lainnya," kata Kepala Dinas Kesehatan Pidie, Effendi MKes melalui Kasi Jiwa, Cut Maida, Rabu (3/4/2019).

Baca: Takengon Diguyur Hujan Deras, Sejumlah Ruas Jalan Digenangi Banjir

Selain sudah mandiri pasien ada pula berobat jalan dan dirawat. Mereka juga di bawah pengawasan dinas untuk proses pemulihan.

Secara terpisah, dr Khairiadi SpJ satu-satunya dokter ahli jiwa di Sigli mengaku, rata-rata kunjungan pasien jiwa ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Tgk Chik Ditiro Sigli tinggi.

Baca: Puskesmas Peunaron Diduga Tolak 4 Pasien Muntaber di Luar Faskes, Begini Kata Kadiskes Aceh Timur

Menurut dr Khairiadi, sebagian besar penderita sakit kejiwaan sudah masuk golongan skyzofrenia atau gangguan jiwa berat, sehingga pasien dianjurkan minum obat seumur hidup.

Baca: BPBD Bersihkan Drainase Penyebab Banjir di RSUD Muyang Kute

Ia berharap, keluarga memberi dukungan keluarga untuk proses penyembuhan pasien, seperti yang mulai sembuh dengan memberikan ketrampilan sehingga pasien jiwa bisa mandiri.(*)

Penulis: Nur Nihayati
Editor: Jalimin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved