Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi Ajak Unsyiah Kembangkan Inovasi

Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) mengajak Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) untuk mengembangkan inovasi.

Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi Ajak Unsyiah Kembangkan Inovasi
Dok. Unsyiah
Kepala BPPT, Dr Ir Hammam Riza MSc IPU saat memberi kuliah umum di Auditorium FMIPA Unsyiah, Kamis (4/4/2019). 

Laporan Eddy Fitriady | Banda Aceh

SERAMBINEWS.COM, BANDA ACEH – Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) mengajak Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) untuk mengembangkan inovasi.

Perguruan tinggi dinilai paling berperan dalam menciptakan inovasi, sebab dari sanalah dilahirkan sumber daya manusia yang mumpuni, terlebih di era Revolusi Industri 4.0 dimana  persaingan semakin ketat.

Hal itu disampaikan Kepala BPPT, Dr Ir Hammam Riza MSc IPU saat memberi kuliah umum di Auditorium FMIPA Unsyiah, Kamis (4/4/2019).

“Perguruan tinggi dituntut bukan hanya menjalankan misi pengajaran dan pusat riset saja, tetapi harus juga menjadi wahana penumbuhkembangan kewirausahaan berbasis teknologi,” katanya.

Hammam menjelaskan, pertumbuhan ekonomi Aceh yang masih tertinggal ketimbang provinsi lainnya di Sumatera perlu digenjot dengan pemanfaatan seluruh potensi daerah.

Baca: Di Hadapan Mahasiswa Unsyiah, Menkominfo Rudiantara Ajak Masyarakat Berantas Hoaks

Baca: BPBA dan Unsyiah Teken MoU di Bidang Pengurangan Risiko Bencana

Baca: Belum Terjangkau Jaringan Seluler, Mahasiswa Unsyiah Galus Mengadu ke Gubernur Aceh

Di samping itu, perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang amat pesat saat ini juga harus bisa dimanfaatkan oleh masyarakat Aceh.

Wakil Rektor I Unsyiah, Prof Dr Ir Marwan menyampaikan bahwa Unsyiah terus melahirkan berbagai inovasi seperti pusat mitigasi kebencanaan, produk atsiri, sampai padi Aceh. 

“Unsyiah telah memasuki tahapan daya saing regional yang diharapkan dapat mendorong lahirnya inovasi dan kreatifitas,” katanya, seraya berharap BPPT bisa mengembangkan startup dan technopark di Aceh. (*)

Penulis: Eddy Fitriadi
Editor: Yusmadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved