Setahun Hasilkan 44 Judul Buku, Rektor Apresiasi Sulaiman Tripa

Rektor Universitas Syiah Kuala (Unsyiah), Prof Dr Samsul Rizal MEng mengapresiasi Dr Sulaiman Tripa SH MHum

Setahun Hasilkan 44 Judul Buku, Rektor Apresiasi Sulaiman Tripa
FOTO ANTARANEWS
DOSEN Fakultas Hukum Unsyiah, Sulaiman Tripa (tengah) yang berhasil menyelesaikan penulisan 44 judul buku dalam setahun menggelar konferensi pers sebelum peluncuran ke-44 buku terbarunya itu oleh Rektor Unsyiah di Ruang Rapat Senat, Selasa (2/4) sore. 

BANDA ACEH - Rektor Universitas Syiah Kuala (Unsyiah), Prof Dr Samsul Rizal MEng mengapresiasi Dr Sulaiman Tripa SH MHum, dosen Fakultas Hukum Unsyiah yang mampu menulis 44 judul buku dalam setahun. “Ini orang langka,” kata Samsul dalam sambutannya ketika meluncurkan 44 buku karya Sulaiman Tripa di Ruang Rapat Senat Kampus Unsyiah, Selasa (2/4) sore.

Selain mengapresiasi dan mengagumi sang penulis langka tersebut, Rektor Unsyiah juga menyebutkan peluncuran 44 buku sekaligus ini bisa diusulkan untuk meraih rekor MURI.

Sementara itu, menurut Sulaiman Tripa, dia membutuhkan waktu hampir setahun untuk menyelesaikan 44 judul buku tersebut. Selama lebih kurang tiga bulan, dia menginventarisir naskah dan akhirnya merampungkan ke-44 judul buku. “Biasanya setiap tahun saya buat buku, namun kali ini yang terbanyak diluncurkan,” ujar Sulaiman yang memilih hari peluncuran bertepatan dengan ulang tahunnya ke-43.

Sulaiman menyebutkan, selain 44 judul buku yang diluncurkan oleh Rektor Unsyiah, sebelumnya dia juga sudah menulis 33 buku serta 37 buku bersama. Selain itu dia juga menyunting 29 buku dan mendampingi proses penulisan empat buku penulis pemula. “Banyak pengalaman yang saya dapatkan ketika mendampingi empat buku penulis pemula. Ada dua buku ditulis santri, satu buku anak sekolah menengah, dan satu lagi sekolah terpadu,” ungkapnya ketika konferensi pers sehari sebelum peluncuran buku terbarunya.

Keterangan dari pihak Penerbit Bandar Publishing Banda Aceh, Mukhlisuddin Ilyas menyebutkan, dari 44 judul buku yang diluncurkan itu selain buku hukum, ada juga buku puisi, cerpen, novelet, dan lainnya. “Ini merupakan hal yang sangat luar biasa. Ada 11 buku yang disistematisasikan dari tulisan harian Sulaiman Tripa di blog kupiluho,” kata Mukhlisuddin.(*/nas)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved