145 Gampong di Abdya belum Rampungkan APBG 2019, Harus Tuntas Akhir April Ini

Dari 152 desa/gampong di Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya), 145 gampong di antaranya belum mengajukan pencairkan Anggaran Desa 2019 hingga awal April.

145 Gampong di Abdya belum Rampungkan APBG 2019, Harus Tuntas Akhir April Ini
Acehselatan.com
Ilustrasi 

Laporan Zainun Yusuf | Aceh Barat Daya

SERAMBINEWS.COM, BLANGPIDIE - Dari 152 desa/gampong di Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya), 145 gampong di antaranya belum mengajukan pencairkan Anggaran Desa 2019 hingga awal April ini.

Ini disebabkan belum rampungnya penyusunan qanun tentang Anggaran Pembangunan dan Belanja Gampong (APBG) yang harus disesuaikan dengan Peraturan Bupati (Perbup) setempat.

Sedangkan 7 gampong lainnya sudah mengajukan percairan anggaran APBG 2019.

Hasil verifikasi APBG oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat, Pengendalian Penduduk dan Pemberdayaan Perempuan (DPMP4) Abdya, ketujuh gampong tersebut telah memenuhi persyaratan pencairan anggaran desa tahap I sebesar 20 persen.  

Kepala DPMP4 Abdya, Drs Yusan Sulaidi dihubungi Serambinews.com, Jumat (5/4/2019) menjelaskan dari 152 gampong, tujuh di antaranya sudah mengajukan Qanun APBG 2019 untuk pencairan anggaran tahap I tahun 2019. 

Ketujuh gampong yang sudah memenuhi syarat pencairan anggaran desa, terbanyak di Kecamatan Babahrot mencapai lima gampong, yaitu Cot Seumantok, Pantee Cermin, Simpang Gadeng, Teuladan Jaya dan Alue Peunawa. Kemudian, Gampong Suak Labu di Kecamatan Tangan-Tangan dan Gampong Kuta Bahagia di Kecamatan Kuala  Batee.

“Surat pengantar untuk pencairan anggaran Desa sudah kami keluarkan untuk tujuh gampong tersebut. Anggaran tahap I sebesar 20 persen segera ditransfer BKK ke rekening desa masing-masing, paling lambat, Senin (8/4/2019),” kata Yusan Sulaidi.           

Sedangkan 145 keuchik gampong lainnya, diminta segera mengajukan APBG 2019 kepada DPMP4 Abdya, sehingga segera diproses surat pengantar untuk pencairan anggaran desa tahap I.

Baca: Bupati Bantah Intervensi Dana Desa

Baca: Jepang Lirik Langsa

Permintaan agar para keuchik segera mengajukan APBG 2019, menurut Yusan Sulaidi sudah berkali-kali disampaikan.

Namun hingga memasuki pekan pertama April ini, baru tercatat tujuh gampong yang menyerahkan Qanun tentang APBG 2019 kepada DPMP4 Abdya.

Menurut Kepala DPMP4 Abdya itu, pencairan tahap I sebesar 20 sangat mudah, dimana keuchik cukup mengajukan Qanun APBG 2019 yang sudah disahkan Tuha Peut.

Tapi, sebelum diserahkan, APBG tersebut harus terlebih dahulu dikoreksi tim kecamatan masing-masing. Sedangkan Laporan Pertangungjawaban (LPJ) tentang realiasi APBG Tahap III tahun 2018, tidak diperlukan untuk pencairan anggaran tahap I 2019, hanya dibutuhkan ketika dilakukan pencairan anggaran tahap II sebesar 40 persen.(*)

Baca: LSM Tolak Penambangan Emas di Kecamatan Linge

Baca: Awak Truk Protes Kenaikan Harga Pasir dan Batu

Baca: Diserang Pengguna Internet, Hotel-hotel Mewah Milik Sultan Brunei Tutup Akun Media Sosial

Penulis: Zainun Yusuf
Editor: Taufik Hidayat
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved