Dinas Pendidikan Dayah Pidie akan Salurkan Bantuan

Dinas Pendidikan Dayah Pidie akan segera menyalurkan bantuan kepada 50 dayah dan balai pengajian dengan total anggaran Rp 2,5 miliar

Dinas Pendidikan Dayah Pidie  akan Salurkan Bantuan
SERAMBINEWS.COM/IST
Kepala Dinas Pendidikan Dayah Aceh Usamah El-Madny mengukuhkan Rais ‘Am Dayah Madrasah Ulumul Quran (MUQ) Pagar Air, Rabu (20/2/2019) di Aula Lantai 3 Kantor Dinas Pendidikan Dayah Aceh. 

SIGLI - Dinas Pendidikan Dayah Pidie akan segera menyalurkan bantuan kepada 50 dayah dan balai pengajian dengan total anggaran Rp 2,5 miliar.

“Besaran bantuan yang akan diterima bervariasi, terendah Rp 15 juta dan tertinggi Rp 150 juta,” kata Kepala Dinas Pendidikan Dayah Pidie, Dr Khairizzaman MAg usai rakor di Sigli,

Dalam rakor itu seluruh pimpinan dayah dan balai pengajian diminta untuk melengkapi persyaratan administrasi, seperti untuk membangun tempat wudhu atau bilik pengajian dan lainnya. Sebanyak 60 pimpinan dayah dan balai pengajian mengikuti rapat koordinasi (rakor) di Hotel Pidie, Kota Sigli, pada Selasa (2/4) dan Kamis (4/4).

Panitia pelaksana, Ruslan SPd menyampaikan rakor dengan pemateri Ketua MPU Pidie Tgk Ismi, DR H Amri Fatmi LC MA (alumnus Universitas Al Azhar Kairo yang juga Dosen PTI Al Hilal Sigli). Rakor ini dibagi dua tahapan, yakni 2 April dan 4 April, masing-masing 30 orang.

Sementara itu, Bupati Pidie diwakili Asisten II Setdakab Pidie, H Maddan MSi menyampaikan rakor ini guna membahas solusi peningkatan mutu pendidikan di dayah.

“Forum ini juga membahas dayah sebagai wahana konsultasi untuk meningkatkan pendidikan Dayah, sehingga terwujudnya sinergitas kinerja lebih baik dalam mendidik para santri,” katanya. Peserta merupakan utusan dayah pengajian dari 23 kecamatan.

“Pimpinan Dayah harus memiliki peran dalam meningkatkan pendidikan dayah di tengah era globalisasi. Ini juga menyikapi program Bupati Pidie terpadu, termasuk pengembangan Dayah yang lebih baik,” katanya.

Dia berharap mutu pendidikan dayah harus dapat ditingkatkan, baik fasilitas dan manajemen, serta mampu bersaing dan bersanding, apalagi dayah akan mampu melakukan perubahan di masa akan datang. “Dayah merupakan lembaga pendidikan untuk melahirkan putra-putria berakhlak mulia. Keberadaan Dayah harus mampu menjawab tantangan zaman,” pungkasnya.(aya)

Editor: hasyim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved