Untuk Yayasan Nonpemerintahan

LANTAS, siapa yang bisa mengajukan dan menerima bantuan dana hibah tersebut? Yamamori menjelaskan, bantuan dana hibah

Untuk Yayasan Nonpemerintahan
TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN
Dana Hibah 

LANTAS, siapa yang bisa mengajukan dan menerima bantuan dana hibah tersebut? Yamamori menjelaskan, bantuan dana hibah ini diperuntukkan khusus kepada yayasan pendidikan, kesehatan, lingkungan, dan sosial kesejahteraan. Yayasan yang bisa mengajukan permohonan adalah yayasan non-profit dan non-government yang terdaftar secara resmi di institusi pemerintah sesuai bidangnya masing-masing.

Untuk pendidikan, bantuan harus digunakan untuk pembangunan gedung sekolah seperti SD, SMP, SMA, dan lain-lain. Untuk kesehatan, pembangunan klinik kesehatan, klinik bersalin, saluran air bersih, dan sebagainya. “Kalau lingkungan boleh untuk pembangunan tempat pengolahan limbah, pembangunan bank sampah, kompos dan sebagainya. Sedangkan sosial kesejahteraan bisa untuk pembangunan panti asuhan, pusat rehabilitasi, dan lain-lain,” ujar Yamamori.

Dana hibah tidak diperuntukkan untuk proyek yang tidak jelas manfaatnya, tidak memiliki hubungan dengan pengembangan sosial, dan proyek yang memiliki tujuan politik dan keagamaan. “Untuk tiga hal itu tidak boleh,” katanya.

Menurut Yamamori, semua yayasan bisa mengajukan permohonan, asalkan bersedia membuat proposal, mengisi formulir aplikasi, membuat laporan keuangan organisasi selama dua tahun terakhir, rekomendasi dari pemerintah (minimal setingkat bupati), dan penawaran dari kontraktor dan supplier berbeda. “Nanti kita di konsulat di Medan akan melihat kelengkapan berkas dan akan kita nilai siapa yang pantas menerima. Jika sudah oke, baru nanti kita kirim ke Pemerintah Jepang di Tokyo, untuk pencairan dananya dan akan ada acara seremonial penerimaannya,” kata Yamamori.

Untuk info lebih lanjut tentang informasi penawaran bantuan dana hibah dari Pemerintah Jepang ini bisa diakses melalui www.id.emb-japan.go.jp atau melalui telepon 061-4575193.(dan)

Editor: hasyim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved