Pemilu 2019

Panwaslih Kota Banda Aceh Bekali Saksi Peserta Pemilu

Pelatihan ini diadakan secara serentak di wilayah kerja masing-masing Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) selama tiga hari 7-9 April 2019.

Panwaslih Kota Banda Aceh Bekali Saksi Peserta Pemilu
SERAMBINEWS.COM/IST
Panitia Pengawas Pemilihan (Panwaslih) Kota Banda Aceh menggelar kegiatan pelatihan bimbingan teknis saksi partai politik peserta Pemilu 2019. 

SERAMBINEWS.COM, BANDA ACEH - Panitia Pengawas Pemilihan (Panwaslih) Kota Banda Aceh menggelar kegiatan pelatihan bimbingan teknis saksi partai politik peserta Pemilu 2019.

Pelatihan ini diadakan secara serentak di wilayah kerja masing-masing Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) selama tiga hari 7-9 April 2019.

Ketua Panwaslih Kota Banda Aceh, Afrida menyebutkan kegiatan bagi para saksi adalah amanat Undang-undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu.

Dalam Undang-undang tersebut menjabarkan Bawaslu mendapat tanggung jawab untuk memberi pemahaman tentang peraturan teknis kepada saksi peserta Pemilu.

Baca: BREAKING NEWS: Bangunan Kafe di Jalan Ringroad Medan Ambruk Rata dengan Tanah

Baca: Tangani Malnutrisi dan Stunting, Sabang Luncurkan Program Geunaseh, Ibu Menyusui Dapat Rp 150 Ribu

Baca: Tangkal Dampak Negatif Gadget, DSI Gelar Seminar untuk Mahasiswa Hingga Orang Tua

Total rincian saksi yang mendaftar ke Panwaslih Kota Banda Aceh untuk ikut serta dalam pelatihan tersebut sampai batas waktu pendaftaran yang telah ditentukan sebanyak 2.540 orang dari jatah keselurahan yang disediakan sebanyak 12.432 saksi untuk setiap perwakilan partai politik dan pasangan calon presiden/wakil presiden.

Menurut Ketua Panwascam Banda Raya, Muhammad Syarif, bimbingan teknis saksi partai politik adalah sebagai upaya menyamakan persepsi ketika di hari pemungutan, dan perhitungan suara Pemilu sehingga nantinya mampu mewujudkan pemilu yang aman dan damai.

Di dalam pelatihan tersebut ada tiga tema materi yang disampaikan Panwascam yaitu, materi terkait menyukseskan pemilu adalah tugas bersama, suara sah dan tidak sah pada saat pencoblosan, serta materi pentingnya keberadaan saksi partai dalam penghitungan suara.

Sementara itu Ketua Panwascam Jaya baru, Rita Miani berharap kegiatan pelatihan ini menjadi pedoman bersama bagi para saksi partai politik agar Pemilu tidak terjadi perselisihan.(*)

Penulis: Ansari Hasyim
Editor: Ansari Hasyim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved