Terkait Pemasangan Rumpon, Nelayan Aceh Jaya Diminta Saling Menjaga

Nelayan diminta menjaga seluruh ekositem laut dengan tidak merusak terumbu karang dan bunga karang yang masih alami.

Terkait Pemasangan Rumpon, Nelayan Aceh Jaya Diminta Saling Menjaga
Foto Kiriman Warga
Nelayan Lhok Calang, Kecamatan Krueng Sabee, Aceh Jaya. 

Laporan Riski Bintang | Aceh Jaya

SERAMBINEWS.COM, CALANG – Memasuki masa pemasangan ujam/rumpon ikan di sejumlah wilayah Lhok Calang, Kecamatan Krueng Sabee, Kabupaten Aceh Jaya, para nelayan baik dari kabupaten tersebut juga dari wilayah lain, diharapkan untuk saling menjaga.

Hal tersebut disampaikan Panglima Laot Lhok Calang, Yunan, kepada Serambinews.com, Minggu (7/4/2019)

Hal tersebut disampaikannya untuk menghindari adanya konflik antara para nelayan, baik yang di Kabupaten Aceh Jaya, ataupun yang masuk dari luar ke Aceh Jaya.

“Kepada panglima Lhok masing-masing di setiap kecamatan, di kabupaten Aceh Jaya dan luar Aceh Jaya, untuk menjaga kekompakan agar tidak terjadinya konflik antarnelayan ,” jelasnya.

Selain itu, ia juga berharap agar para nelayan dari luar wilayah hukom adat Lhok Calang, untuk tidak memasang jaring hijau, memasang bubul, memasang rawe di daerah ujam/rumpon milik nelayah Lhok.

Ia juga mengajak seluruh nelayan untuk menjaga seluruh ekositem laut dengan tidak merusak terumbu karang dan bunga karang yang masih alami.

“Saya juga harapkan, nelayan dari luar kabupaten Aceh jaya yang memakai boat 5 GT ke atas, jangan memasang bubul, rawe, dan jaring di sekitar ujam/rumpon di wilayah laut Lhok Calang,” katanya.

“Dan pada boat pukat cincin baik boat 15 GT maupun 30 GT ke atas, kalau mau mengambil ikan di rumpon milik nelayan Calang harus ada kerja sama yang baik,” tambahnya.(*)

Baca: BREAKING NEWS - Lagi, Nelayan Aceh Timur Ditangkap Otoritas Thailand

Baca: Kompresor Meledak, Dua Nelayan Meninggal

Baca: Kompor Gas Bantuan Diduga Dibarter dengan Suara Pemilu di Aceh Jaya

Penulis: Riski Bintang
Editor: Taufik Hidayat
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved