Dana Desa 2020 akan Disalurkan 60 Persen pada Tahap Pertama, Ini Kriteria yang Harus Dipenuhi

Tahun depan kalau kabupaten/kota mendapatkan nilai positif, langsung kita salurkan 60 persen tidak lagi 20 persen tahap pertama

Dana Desa 2020 akan Disalurkan 60 Persen pada Tahap Pertama, Ini Kriteria yang Harus Dipenuhi
SERAMBINEWS.COM/MAWADDATUL HUSNA
Kanwil DJPb Aceh, Zaid Burhan Ibrahim menyampaikan kinerja APBN Triwulan I Tahun 2019 lingkup Aceh, dalam media meeting di Gedung Keuangan Negara, Gedung A, Banda Aceh, Selasa (9/4/2019) 

Laporan Mawaddatul Husna | Banda Aceh

SERAMBINEWS.COM, BANDA ACEH - Kepala Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Aceh, Zaid Burhan Ibrahim menyampaikan pada 2020 dana desa akan disalurkan sebesar 60 persen untuk tahap pertama, apabila kabupaten/kota tersebut mendapatkan nilai yang sangat baik dari pusat terhadap realisasi dana desa tahun ini.

"Ada beberapa kriteria yang dilakukan oleh Kantor Pusat terhadap kabupaten/kota, apabila nilai yang diperoleh sangat baik, maka tahun depan pada 2020 bisa langsung disalurkan 60 persen tahap pertama selanjutnya tahap kedua 40 persen," kata Zaid Burhan Ibrahim pada Media Meeting Kanwil DJPb Aceh, di Gedung Keuangan Negara, Gedung A, Banda Aceh, Selasa (9/4/2019).

Baca: Zaskia Sungkar akan Pamerkan Koleksi Kasual dalam Islamic Fashion Festival 2019

Dikatakan, selama ini penyaluran dana desa dilakukan melalui tiga tahap, yaitu tahap pertama 20 persen, tahap kedua dan ketiga masing-masing 40 persen.

Menurutnya, penyaluran yang akan dilakukan 60 persen pada tahap pertama itu akan lebih memberi ruang kepada desa-desa untuk lebih cepat bergerak untuk mempunyai perencanaan pembangunan desa.

"Tahun depan kalau kabupaten/kota mendapatkan nilai positif, langsung kita salurkan 60 persen tidak lagi 20 persen tahap pertama. Tentu hal ini bermanfaat sekali bagi desa, karena lebih cepat uang sampai ke desa maka pembangunan juga lebih cepat bisa berjalan," sebut Zaid Burhan Ibrahim.

Ia berharap ke depan, desa-desa di Aceh dapat lebih baik lagi dalam mengelola dana desa.

Baca: BREAKING NEWS - Demo di Kantor Gubernur Aceh Rusuh, Terdengar Suara Tembakan

Menurutnya, hal itu sudah terbukti dalam beberapa tahun ini semakin hari makin baik pengelolaan dana desa yang dilakukan oleh keuchik atau reje.

Pada kesempatan itu, ia juga menyampaikan sampai triwulan I 2019, realisasi dana desa sudah mencapai Rp 892,29 miliar atau 18,01 persen.

Jumlah ini mengalami peningkatan dibandingkan dengan realisasi pada periode yang sama di tahun sebelumnya yang sebesar Rp 610,93 miliar (13,70 persen). (*)

Penulis: Mawaddatul Husna
Editor: Hadi Al Sumaterani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved