Bawang Merah Gayo Resmi Dilepas Jadi Varietas Unggul

Menteri Pertanian RI resmi memberikan tanda daftar varietas tanaman holtikultura terhadap jenis sayuran unggul lokal Gayo yakni Bawang Merah Gayo ..

Bawang Merah Gayo Resmi Dilepas Jadi Varietas Unggul
SERAMBINEWS.COM/NUR NIHAYATI
Seorang pedagang sedang menjual bawang merah. Bawang Merah Gayo kini resmi menjadi varietas unggul nasional 

 
Bawang Merah Gayo Resmi Dilepas Jadi Varietas Unggul

Laporan Mahyadi | Aceh Tengah

SERAMBINEWS.COM, TAKENGON – Menteri Pertanian Republik Indonesia akhirnya resmi memberikan tanda daftar varietas tanaman holtikultura terhadap jenis sayuran unggul lokal yaitu bawang merah Gayo. Penetapan tanda daftar tersebut, berdasarkan surat keputusan Menteri Pertanian, tanggal 26 Maret 2019.

Dengan terdaftarnya bawang merah tersebut, sehingga Aceh Tengah, bahkan untuk Provinsi Aceh, telah memiliki satu-satunya varietas bawang merah unggul yang bisa dikembangkan atau disebar luaskan.

Baca: BREAKING NEWS - Thailand Bebaskan KM Harapan Baroe dan Seluruh ABK

Baca: PII Aceh Barat Tolak PT EMM di Nagan Raya dan Aceh Tengah

Baca: Stok Melimpah, Harga Bawang Merah Mahal

“Tentu, dengan terdaftarnya bawang merah varietas Gayo, kita sudah tidak sulit untuk menjadikan daerah ini, sebagai kawasan pengembangan bawang merah,” kata Plt Kadis Pertanian, H Juanda SP kepada Serambinews.com, Rabu (10/4/2019).

Sebelumnya, Dinas Pertanian, Kabupaten Aceh Tengah, telah mengusulkan pendaftaran bawang merah varietas Gayo ke Pusat Perlindungan Varietas Tanaman dan Perizinan Pertanian (PPVTPP), Kementrian Pertanian RI. Bawang merah varietas Gayo merupakan sayuran unggul lokal yang bisa dikembangkan.

Menurut Juanda, bawang merah varietas Gayo merupakan jenis sayuran unggul lokal yang telah lama dibudidayakan oleh masyarakat Kabupaten Aceh Tengah. “Namun untuk penyebaran bibit tersebut, dibutuhkan pelepasan dari PPVTPP Kementrian Pertanian. “Alhamdulillah, bawang merah varietas Gayo, sudah terdaftar secara resmi, sehingg bisa dikembangkan,” sebut Juanda. (*)

Penulis: Mahyadi
Editor: Jalimin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved