Breaking News:

Pilpres 2019

Begini Cara Pindah TPS Agar Tetap Bisa Nyoblos di Pilpres 2019, Hari Ini Terakhir!

Hal ini dilakukan agar para perantau, seperti pekerja dan mahasiswa yang tinggal di kota lain, tetap bisa mencoblos di Pilpres 2019.

Editor: Amirullah
Tribunnews/JEPRIMA
Seorang warga saat menunjukkan surat pemindahan tempat pemungutan suara atau formulir A5 di kantor KPUD Jakarta Pusat, Senin (8/4/2019). KPU membuka layanan bagi warga yang ingin berpindah tempat pemungutan suara hingga 10 April 2019. 

Rabu (10/4/2019) hari ini adalah kesempatan terakhir bagi perantau yang ingin pindah TPS atau memilih agar tetap bisa mencoblos pada Pilpres 2019.

SERAMBINEWS.COM - Rabu (10/4/2019) adalah kesempatan terakhir bagi pemilih yang ingin melakukan pindah memilih atau Tempat Pemungutan Suara (TPS).

Hal ini dilakukan agar para perantau, seperti pekerja dan mahasiswa yang tinggal di kota lain, tetap bisa mencoblos di Pilpres 2019.

Sebelumnya, layanan pindah memilih atau TPS sudah berakhir pada 17 Maret lalu.

Namun, Komisi Pemilihan Umum (KPU) kembali membuka layanan tersebut setelah dikabulkannya uji materi (MK) terhadap Pasal 210 ayat (1) Undang-undang Nomor 7 tahun 2017 tentang Pemilu, terkait pemilih yang ingin berpindah TPS.

Para pemilih yang akan pindah TPS akan dilayani tujuh hari sebelum hari H pencoblosan atau 10 April 2019.

Artinya, ini adalah hari terakhir bagi pemilih untuk mengurus berkas pindah TPS alias formulir A5.

Yang harus diketahui, dikutip Tribunnews.com dari Kompas.com, prosedur pindah memilih atau TPS dapat ditempuh pemilih dengan kondisi tertentu.

Baca: Kampanye di Karawang, Jokowi: Yang Bikin Kebohongan Itu Nggak Mikir

Baca: New Zikra Pasarkan Buku ‘Sabda Rindu’

Misalnya, mereka yang sakit dan harus dirawat di rumah sakit di luar daerah asal, berada di lapas, dan sedang dalam tugas.

Menurut Ketua KPU, Arief Budiman, 'sedang dalam tugas' bisa diartikan tengah menempuh pendidikan atau bekerja di luar daerah asal yang terdaftar di KTP elektronik atau e-KTP.

Halaman
1234
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved