Pasokan Biji Melinjo Minim Sebabkan Harga Emping Melonjak Tinggi

Minimnya pasokan biji emping dalam satu bulan terakhir menyebabkan harga kerupuk emping melinjo Rp 80.000 per kilogram...

Pasokan  Biji Melinjo Minim Sebabkan Harga Emping Melonjak Tinggi
SERAMBINEWS.COM/IDRIS ISMAIL
Danil (32) selaku pedagang di pusat pasar Beureunuen, Kecamatan Mutiara, Pidie, Rabu (10/4/2019) mengepak paket kerupuk emping melinjo kedalam kotak kardus untuk dikirim ke Jakarta dan Dumai, Riau. Harga kerupuk emping melinjo Rp 80.000 kilogram.

Pasokan  Biji Melinjo Minim Sebabkan Harga Emping Melonjak Tinggi

Laporan Idris Ismail I Pidie 

SERAMBINEWS. COM,  SIGLI - Minimnya pasokan biji emping dalam satu bulan terakhir menyebabkan harga  kerupuk emping melinjo  di pusat pasar Kota Beureunuen, Kecamatan Mutiara, Pidie mencapai Rp 80.000 per kilogram

Danil (32) selaku pedagang di pusat  Kota Beureunuen, Kecamatan Mutiara, Pidie kepada Serambinews.com,  Rabu (10/4/2019) mengatakan melonjaknya harga kerupuk emping melinjo tersebut akibat minimnya pasokan dari hasil panen kebun petani lokal di sejumlah kecamatan di Pidie. 

Baca: Massa PKS Bertopeng Prabowo-Sandiaga Berkampanye di Lhokseumawe

Baca: Mifa Bantu Bangun MCK, Balai Seumeubeut dan Beasiswa di Aceh Barat dan Nagan Raya

Baca: Cegah DBD, Dinkes Pidie Sosialisasi Program Satu Rumah Satu Jumantik

"Sebelumnya harga emping melinjo jenis  super dalam kisaran harga antara Rp 70.000 hingga Rp 75.000 per kilogram.  Demikian juga harga emping kwalitas biasa dari Rp 65.000 menjadi 70.000 per kilogram, "jelasnya.  

Rata-rata saban hari pihak pedagang mengemas barang (emping melinjo) mulai 100 kilogram hingga 150 kilogram. Sementara untuk pesanan konsumen lokal dalam setiap hari rata-rata laku mulai 30 sampai 45 kilogram. 

Diperkirakan harga emping melinjo untuk satu bukan kedepan bakal terus melonjak mengingat permintaan yang semakin tinggi.  Terutama permintaan ke Dumai, Riau  dan Jakarta untuk pasokan bagi para pedagang mie Aceh dan oleh-oleh untuk kerupuk pada bulan puasa. 

"Diperkirakan juga pada bukan Ramadhan pada Mei mendatang kisaran harga emping akan kembali melonjak dikisaran Rp 90.000 hingga Rp 95.000 kilogram dan bahkan mencapai Rp 100.000 kilogram," ujarnya (*)  

Penulis: Idris Ismail
Editor: Jalimin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved