6 Hektare Lahan Sawit Masyarakat Bakongan Terbakar

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Aceh Selatan melakukan upaya pemadaman api yang membakar kurang lenih 6 hektare lahan sawit masyarakat ..

6 Hektare Lahan Sawit Masyarakat Bakongan Terbakar
For Serambinews.com
Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Aceh Selatan melakukan upaya pemadaman api yang membakar kurang lenih 6 hektare lahan sawit masyarakat di Bakongan, Rabu (11/4/2019). 

6 Hektare Lahan Sawit Masyarakat Bakongan Terbakar

Laporan : Taufik Zass | Aceh Selatan

SERAMBINEWS.COM, TAPAKTUAN - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Aceh Selatan melakukan upaya pemadaman api yang membakar kurang lenih 6 hektare lahan sawit masyarakat di Bakongan, Rabu (11/4/2019).

Kalak BPBD Aceh Selayan, Cut Syazalisma SSTP mengatakan informasi yang di terima melelaui pos Damkar 05 Bakongan bahwa telah terjadi kebakaran lahan. Menindak lanjuti informasi tersebut, Kalak BPBD langsung berkoordinasi dengan Polres dan Kodim Aceh Selatan untuk melakukan upaya pemadaman dengan menurunkan Tim Gabungan ke lokasi.

Baca: BMU Akan Bangun Rumah untuk Ridwan, Warga Miskin Pidie Itu tak Miliki Tempat Tinggal

Baca: Bupati Disuapi Kue Usai Upacara HUT Ke-17 Nagan Raya, Begini Kejutan yang Dilakukan Anggota Polisi

Baca: Warga Nagan Terseret Arus di Krueng Seumayam belum Ditemukan. Ini Upaya Petugas Pencarian


"Upaya pemadaman dimulai jam 14.00 s/d 18.00 Wib, tim berhasil memutus jalur api yang merambat ke lahan yang belum terbakar. Upaya pemadaman akan di lanjutkan kembali besok," kata Cut Syazalisma.

Dikatakannya, terkait kebakaran lahan tersebut pihak BPBD Aceh Selatan telah melaporkan ke kepala BPBA, atas laporan tersebut Kalak BPBA memberikan dukungan untuk penanganan karhutla di Aceh Selatan antara lain, pompa Pemadaman Karhutla ukuran menengah termasuk selang sejumlah 3 unit, sepatu anti api 20 stel, masker regulator 20 set, sarung tangan 20 bh dan botol minum 750 ml sejumlah 20 set.

"Upaya pemadaman mengalami kendala karena lokasi tidak dapat dijangkau dengan mobil pemadam dan lahan yang terbakar adalah lahan gambut yang apinya dibawah lapisan tanah gambut tersebut,” tambah Cut Syazalisma. 

“Kita menghimbau kepada masyarakat agar dalam membuka lahan atau membersihkan lahan tidak dengan membakar karena api berpotensi merambat ke areal lebih luas," pungkasnya.(*)

Penulis: Taufik Zass
Editor: Jalimin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved