Cegah HIV/AIDS, Dinkes Subulussalam Lakukan Pemeriksaan Gratis, Peserta Dapat Uang Saku 

Guna mengantisipasi penyebaran HIV/AIDS di Kota Subulussalam, Dinas Kesehatan setempat menggelar konseling dan pemeriksaan secara gratis.

Cegah HIV/AIDS, Dinkes Subulussalam Lakukan Pemeriksaan Gratis, Peserta Dapat Uang Saku 
Net
HIV 

Laporan Khalidin | Subulussalam

SERAMBINEWS.COM, SUBULUSSALAM - Guna mengantisipasi penyebaran HIV/AIDS di Kota Subulussalam, Dinas Kesehatan setempat menggelar konseling dan pemeriksaan secara gratis.

Pemeriksaan ini  digelar mulai, Jumat (12/4/2109) dengan turun ke lapangan di lima kecamatan yang ada di Kota Subulussalam

Kepala Bidang pengendalian dan Pemberantasan Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan, Kota Subulussalam, kepada Serambinews.com  Kamis (11/4/2019) usai acara sosialisasi pelayanan pencegahan dan penanggulangan penyakit menular HIV/AIDS di Hotel Khairulsyah Subulussalam mengatakan pemeriksaan ini secara gratis dan identitas pasien akan dirahasiakan.

Selain itu, pihak Dinkes Subulussalam juga memberikan uang saku kepada setiap warga yang bersedia mengecekkan darahnya ke petugas.

Baca: Muncul Sejak 2012, Ini Total Kasus HIV/AIDS yang Tercatat di Dinkes Kota Subulussalam Selama 7 Tahun

Baca: Penderita HIV/AIDS di Subulussalam Bertambah, Ini Jumlah yang Terdeteksi Saat Ini

Baca: 6 Warga Nagan Idap HIV

Target awal pemeriksaan sebanyak 300-an orang selama tujuh hari kerja.

Lebih jauh Irhamni menyebutkan lokasi pemeriksaan darah tersebut ke seluruh kecamatan yang ada di Kota Subulussalam yakni Simpang Kiri, Sultan Daulat, Penanggalan, Longkib dan Rundeng.

Sementara sasaran utama sementara waktu rumah kecantikan atau salon, tukang pangkas dan sopir-sopir.

Sedangkan ke depannya untuk konseling bagi yang malu atau segan Dinkes Subulussalam membukan ruang klinik di Puskesmas Penanggalan.

“Mereka yang beresiko berpenyakit HIV/AIDS bisa melakukan tes di puskesmas selain itu layanan konseling dan obat-obatan juga diberikan,” kata Irhamni. (*)

Penulis: Khalidin
Editor: Yusmadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved