Di Aula ISBI Jantho, Bupati Mawardi Resmikan Simantab, Ini Manfaatnya

Bupati Aceh Besar, Ir Mawardi Ali meresmikan penggunaan aplikasi internal Sistem Informasi Manajemen Aset Aceh Besar (Simantab), di Aula ISBI Jantho

Di Aula ISBI Jantho, Bupati Mawardi Resmikan Simantab, Ini Manfaatnya
FOTO HUMAS ACEH BESAR
Bupati Aceh Besar, Ir Mawardi Ali bersama Sekdakab Drs Iskandar MSi, dan sejumlah Kepala OPD meresmikan Sistem Informasi Manajemen Aset Aceh Besar (Simantab) di Gedung ISBI Aceh, Kota Jantho, Rabu (10/4/2019). 

Di Aula ISBI Jantho, Bupati Mawardi Resmikan Simantab, Ini Mamfaatnya

Laporan Eddy Fitriady | Aceh Besar

SERAMBINEWS.COM, JANTHO - Bupati Aceh Besar, Ir Mawardi Ali meresmikan penggunaan aplikasi internal Sistem Informasi Manajemen Aset Aceh Besar (Simantab), di Aula Seni Budaya Gedung ISBI Aceh, Kota Jantho, Rabu (10/4/2019).

Hadirnya sistem informasi terpadu itu membuat pelaporan menjadi terintegrasi, sehingga semua aset milik Pemkab Aceh Besar diharapkan akan tepat penggunaan dan pengelolaannya.

Baca: Jelang Musorkot KONI Lhokseumawe, Satu Balon Ketua Penuhi Syarat Dukungan, Dua Lainnya Nihil

Baca: Parpol di Nagan Masih Tiarap Hingga Menjelang Berakhirnya Kampanye Terbuka

Baca: Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Bireuen Gelar Lomba Bercerita Tingkat SD

Pada kesempatan itu, Bupati Mawardi Ali meminta kepada Sekretaris Daerah Kabupaten (Sekdakab) dan Badan Pengelolaan Keuangan Daerah (BPKD) untuk menertibkan seluruh aset Pemkab.

Disebutkan, Aceh Besar memiliki banyak aset baik itu aset tidak bergerak seperti jalan, bangunan, dan jembatan, serta aset bergerak yaitu mobil, alat berat, alat pertanian, dan lainnya.

“Seandainya ada aset yang tidak layak lagi atau yang dapat menghabiskan banyak biaya perawatan, tolong dilepaskan atau dilelang saja supaya tidak membebani APBK,” ujarnya.

Dia juga berharap ke depan Pemkab Aceh Besar dapat mengelola aset pemerintah secara bisnis lewat perusahaan daerah, supaya aset-aset tersebut berdaya guna serta bermanfaat menghasilkan nilai tambah.

“Dalam waktu dekat ini, kita akan menarik semua aset bergerak Pemkab untuk dikumpulkan terlebih dahulu, kemudian akan diberikan kembali kepada yang berhak menggunakan sesuai dengan SK Bupati,” katanya lagi.

Sementara Kepala Badan Pengelolaan Keuangan Daerah (BPKD) Aceh Besar, Arifin SHi MSi mengatakan, aplikasi Simantab bertujuan untuk memudahkan pengelola aset daerah dalam mendata berbagai aset milik Pemkab Aceh Besar yang tersebar di berbagai tempat.

Selain itu juga memudahkan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) untuk mengakses dan mengawasi aset-aset dalam penguasannya menggunakan smartphone, karena Simantab berbasis web dan android.

Adapun Simantab memiliki fitur foto dan titik koordinat yang terintegrasi dengan google map. Sehingga tanah, jembatan, jalan, dan barang Pemkab lainnya dapat  diakses menggunakan smartphone.(*)

Penulis: Eddy Fitriadi
Editor: Jalimin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved