Pengelola Pustaka Sekolah Se-Aceh Besar Ikut Diklat

Ada 65 peserta dari pengelola dan guru pustakawan se-Aceh Besar yang dibekali keterampilan teknis dalam diklat itu

Pengelola Pustaka Sekolah Se-Aceh Besar Ikut Diklat
FOR SERAMBINEWS.COM
Sebanyak 65 peserta dari pengelola dan guru pustakawan se-Aceh Besar mengikuti diklat pengelolaan perpustakaan sekolah, 11-14 April 2019 di Aula Fakultas Adab dan Humaniora UIN Ar-Raniry, Banda Aceh. Foto direkam Kamis (11/4/2019) 

Laporan Eddy Fitriady | Banda Aceh

SERAMBINEWS.COM, BANDA ACEH – Program Studi S1 Ilmu Perpustakaan Fakultas Adab dan Humaniora UIN Ar-Raniry Banda Aceh bekerja sama dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Aceh Besar menggelar Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) pengelolaan perpustakaan sekolah se-Aceh Besar.

Kegiatan yang berlangsung sejak 11-14 April 2019 itu berlangsung di Aula Fakultas Adab dan Humaniora UIN Ar-Raniry dan UPT Perpustakaan UIN Ar-Raniry.

Ada 65 peserta dari pengelola dan guru pustakawan se-Aceh Besar yang dibekali keterampilan teknis dalam diklat itu.

Baca: Ustaz Abdul Somad Berikan Tasbih Kesayangan Pada Prabowo Subianto, Ini Tujuannya

Demikian disampaikan Ketua Prodi S1 Ilmu Perpustakaan, Nurhayati Ali Hasan, MLIS, Kamis (11/4/2019).

Dikatakan, peserta akan mendapat beberapa keterampilan teknis pengelolaan perpustakaan.

Keterampilan itu meliputi manajemen perpustakaan sekolah, pelayanan dan pengembangan koleksi perpustakaan, Gerakan Literasi Sekolah (GLS), pengolahan bahan pustaka, hingga implementasi teknologi informasi di perpustakaan.

“Pada hari terakhir diklat nanti, mereka akan dibekali dengan pelatihan otomasi perpustakaan berbasis software SLiMS dan Inlislite oleh para dosen dan alumni Prodi Ilmu Perpustakaan UIN Ar-Raniry,” ujarnya.

Hal senada juga diharapkan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Aceh Besar, Dr Silahuddin MAg, yang meminta para peserta mengaplikasikan ilmu yang didapat untuk mengelola perpustakaan secara lebih baik.

Baca: BREAKING NEWS - Ketua Solidaritas Ulama Muda Jokowi (Samawi) Aceh Mundur, Bekukan Pengurus 23 Daerah

“Semoga setelah diklat ini peserta dapat menjadi pengelola pustaka yang mampu membawa terobosan untuk pengembangan perpustakaan ke depan,” kata Dr Silahuddin MAg.

Sebelumnya, Dekan Fakultas Adab dan Humaniora UIN Ar-Raniry, Dr Fauzi Ismail MSi dalam sambutannya mengatakan, berdasarkan survei perpustakaan sekolah di Aceh secara umum terlihat masih belum dikelola secara baik dan profesional.

“Minimnya tenaga fungsional perpustakaan sekolah atau pustakawan merupakan faktor utama dari buruknya manajemen pengelolaan perpustakaan sekolah di Aceh dewasa ini,” jelas Fauzi Ismail.(*)

Penulis: Eddy Fitriadi
Editor: Hadi Al Sumaterani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved