Simulasi Coblos KIP Bireuen, Pria dan Wanita Butuh Waktu 3 Menit, Lansia 8 Menit

“Dalam simulasi ini, bagi pemilih mungkin tidak membuka seluruhnya dan tidak meneliti calon yang dipilih karena bergambar buah-buahan,...

Simulasi Coblos KIP Bireuen, Pria dan Wanita Butuh Waktu 3 Menit, Lansia 8 Menit
Serambi
Simulasi Pemilu yang diselenggarakan KIP Bireuen di halaman Pendopo Bupati Bireuen, Kamis (11/4/2019). SERAMBINEWS.COM/YUSMANDIN IDRIS 

Laporan Yusmandin Idris I Bireuen

SERAMBINEWS.COM, BIREUEN - Simulisi pencoblosan Pemilu yang dilaksanakan KIP Bireuen di halaman Pendopo Bupati Bireuen, Kamis (11/4/2019), mencatatkan waktu yang digunakan seorang pemilih mulai dari mengambil lima kertas suara hingga memasukkan dalam kotak suara, wanita dan pria usia 18-50 tahun rata-rata tiga menit. Sedangkan lansia mencapai 8 menit.

Ketua KIP Bireuen, Agusni SP MSi, didampingi Komisioner KIP Bireuen, Eddy Safwan SE, kepada Serambinews.com, mengatakan dari sejumlah orang yang memilih dan dicatat berapa lama wanita dan pria usia produktif menghabiskan waktu, maka rata-rata tiga menit. “Ada juga yang hanya dua menit 46 detik, tapi tidak banyak, umumnya tiga menit,” ujarnya.

Kemudian, ada beberapa orang lanjut usia (lansia) baik pria maupun wanita yang ikut hadir dalam simulasi mencoblos, menghabiskan waktu delapan menit. Simulasi ini melibatkan 255 pemilih.
“Dalam simulasi ini, bagi pemilih mungkin tidak membuka seluruhnya dan tidak meneliti calon yang dipilih karena bergambar buah-buahan, namun menjadi catatan dimana untuk mencoblos butuh waktu 3-5 menit/orang,” katanya.

Penghitungan secara nasional kata Agusni, waktu yang dibutuhkan seseorang mulai dari mengambil kertas suara sampai ke bilik suara dan memasukkan dalam kotak suara adalah 5-6 menit untuk orang usia produktif, sedangkan lansia 7-10 menit.

Dengan data acak tersebut, kata Agusni maka proses pemilihan diharapkan berjalan lancar apalagi jumlah pemilu legislatif dan pilpres di Bireuen mencapai 1.324 TPS dan setiap TPS maksimal 300 orang. Pemilu sebelumnya maksimal 500 orang/TPS. (*)

Penulis: Yusmandin Idris
Editor: Mursal Ismail
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved