Hati-hati Melintasi Jalur Kantor Pertanahan Abdya, Sering Terjadi Laka Tunggal

Masyarakat harus berhati-hati melintasi jalur dari dan ke Kantor Pertanahan Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya), dikarenakan sering terjadi lakalantas

Hati-hati Melintasi Jalur Kantor Pertanahan Abdya, Sering Terjadi Laka Tunggal
SERAMBINEWS.COM/ZAINUN YUSUF
Pengendara sepeda motor melintasi turunan tajam di jalan lincin lintasan dari dan ke Kantor Pertanahan Kabupaten Abdya di Kompleks Perkantoran Pemkab setempat, Jumat (12/4/2019). Permukaan jalur sepanjang 250 meter sebagian masih permukaan tanah sehingga pada musim hujan sangat rawan terjadi kecelakaan.   

Hati-hati Melintasi Jalur Kantor Pertanahan Abdya, Sering Terjadi Laka Tunggal

Laporan Zainun Yusuf| Aceh Barat Daya

SERAMBINEWS.COM, BLANGPIDIE- Masyarakat harus berhati-hati melintasi jalur dari dan ke Kantor Pertanahan Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya), dikarenakan sering terjadi peristiwa kecelakaan tunggal.

Pasalnya, jalur sepanjang sekitar 250 meter itu belum ditingkat dengan lapisan aspal, melainkan masih berupa jalur dengan tanjakan tinggi dan licin sehingga kendaraan jenis sepeda motor (sepmor) kerap terjatuh di lokasi, terutama pada musim hujan.

Baca: 26 Ulama Aceh Dukung Prabowo-Sandi, Ini 9 Kesepatan yang Harus Dijalankan Apabila Menang Pilpres

Baca: Rapat Evaluasi Pemilu di Bireuen, Cegah Money Politik dan Serangan Fajar

Baca: Ikatan Mahasiswsa Pascasarjana Jakarta Bahas Isu Tambang di Aceh

 

“Untuk menjangkau lokasi Kantor Pertanahan berada di atas bukit, kita harus ekstra hati-hati kalau tak mau terjatuh akibat jalur dengan tanjakan tinggi dan licin,” kata Syarifah Nur, warga Manggeng kepada Serambinews.com, Jumat (12/4/2019).

Syarifah Nur mengaku menumpang mobil mini bus menuju Kantor pertahanan Abdya, Jumat. Kendaraan yang ditungginya sulit menanjak akibat permukaan jalan pada tanjakan sangat licin.  

Warga lainnya juga mengeluh ketika melintasi permukaan jalan yang masih berbatu dan sebagian masih berupa tanah gunung itu. Ketika menuju kantor harus melintasi jalur menanjak yang licin, kemudian dari kantor harus melewati turunan yang sangat berbahaya.

Keterangan diperoleh Serambinews.com, banyak warga yang mengendarai sepmor terpeleset, kemudian jatuh di lokasi, termasuk sejumlah pegawai Kantor Pertanahan Abdya mengalami kejadian yang sama.

Kepala Kantor Pertanahan Kabupaten Abdya, M Arfath Satya APtnh kepada Serambinews.com, Jumat (12/4/2019) mengaku lintasan tersebut rawan terjadi kecelakaan, terutama pada musim hujan.

Kondisi permukaan masih terdapat tanjangan tinggi dan lincin pada musim merupakan penyebab. Pihaknya, mengaku sudah mengajukan permintaan kepada Pemkab Abdya untuk meningkatan jalur sepanjang sekitar 250 meter itu, yaitu sejak dari Kantor DPMP4 Abdya, namun belum teralisasi.

Pihaknya berharap, jalur yang lumayan banyak dilintasi warga untuk mengurus administrasi pertanahan itu dapat ditingkatkan, yaitu tanjakan tinggi dipaskas, kemudian dilakukan peningkatan badan jalan di lokasi.

Pantgauan Serambinews.com, sebagian jalur yang belum ditingkatkan tersebut juga merupakan akses jalan menuju Kantor Tanaman Nasional Gunung Leuser (TNGL) yang kondisinya juga belum ditingkatkan.(*)          

 

Penulis: Zainun Yusuf
Editor: Jalimin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved