Salah Coblos, Bisa Ganti Surat Suara

Pemilih berhak menerima surat suara baru jika keliru mencoblos. Tetapi syaratnya, surat tersebut belum dimasukkan

Salah Coblos, Bisa Ganti Surat Suara
Serambi
ASISTEN 1 Setdakab Pidie, Barul Walidin, memasukkan kertas suara pada simulasi pencoblosan Pemilu digelar KIP Pidie di Alun-alun Sigli, Kamis (11/4/2019). SERAMBINEWS.COM/NUR NIHAYATI 

* Berpotensi Besar Terjadi Kesalahan
* Simulasi Digelar di Sejumlah Daerah

SIGLI - Pemilih berhak menerima surat suara baru jika keliru mencoblos. Tetapi syaratnya, surat tersebut belum dimasukkan ke dalam kotak suara, dan hanya diberikan kesempatan menganti surat suara sebanyak satu kali.

Hal itu disampaikan Ketua Divisi Teknis dan Penyelenggara KIP Pidie, Fuadi Yusuf, kepada Serambi, Kamis (11/4), di sela-sela acara sosialisasi mencoblos yang berlangsung di Alun-alun, Kota Sigli. “Sesuai amanah Peraturan KPU, petugas KPPS dapat memberikan surat suara pengganti yang rusak atau pemilih keliru coblos, tetapi hanya satu kali,” katanya.

Dalam acara sosialisasi cara mencoblos kemarin, KIP melibatkan 250 pemilih dari masyarakat setempat. Kegiatan tersebut melibatkan semua petugas Pemilu termasuk Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK). Sosialisasi dilakukan mulai dari cara mencoblos hingga perhitungan suara.

Sosialisasi tentang cara mencoblos ini menjadi perhatian Asisten I Setdakab Gayo Lues (Galus), M Noh, saat menghadiri sosialisasi di Lapangan Pancasila, Blangkejeren. Ia meminta penyelenggara Pemilu, terutama Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) agar memaksimalkan sosialisasi cara mencoblos kepada masyarakat.

Sebab dia menjelaskan, Pemilu Serentak 2019 merupakan Pemilu tersulit, sehingga peluang kesalahan saat pencoblosan juga sangat besar. Selain itu, waktu yang dibutuhkan untuk mencoblos juga lebih lama karena ada lima kertas suara yang harus dicoblos.

“Pemillih yang paham baca tulis saja, peluang kesalahannya mencapai 30 persen, bagaimana dengan yang tidak paham baca tulis? Peluang kesalahannya bisa mencapai 80 persen,” ungkap M Noh.

Sosialisasi
Selain di Pidie dan Galus, sosialisasi pencoblosan juga dilaksanakan di sejumlah kabupaten/kota lainnya. Di Takengon, sosialisasi dilaksanakan di halaman Setdakab Aceh Tengah. Pelaksanaan simulasi sebagaimana dikatakan Ketua Divisi Teknis Penyelenggara KIP Aceh Tengah, Mukhlis, dibuat sama persis dengan pemilihan aslinya nanti.

Proses pengamanan juga dilakukan dengan serius. Di sekitar lokasi Tempat Pemungutan Suara (TPS) terlihat sejumlah aparat keamanan berjaga-jaga, mulai petugas linmas, kepolisian, serta beberapa personel TNI.

Sementara di Aceh Barat Daya (Abdya), sosialisasi dilaksanakan di lapangan Desa Mata Ie Kecamatan Blangpidie. Turut hadir Wakil Bupati Abdya, Muslizar MT didampingi istri, Kapolres Abdya AKBP Moch Basori SIK, Ketua Panwaslih Abdya, dan para komisioner KIP.

Halaman
12
Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved