Haba Dinkes Aceh

Dinkes Imunisasi Cegah Difteri ke Sekolah

Dinas Kesehatan (Dinkes) Aceh Barat bersama puskesmas di kabupaten itu mulai melakukan imunisasi pencegahan difteri ke sekolah

Dinkes Imunisasi Cegah Difteri ke Sekolah
Foto: Diskominfo Aceh Singkil
Bupati Aceh Singkil, Dulmusrid mendampingi petugas medis memberikan imunisasi campak dan rubella di SD 1 Singkil, Rabu (1/8/2018) 

MEULABOH - Dinas Kesehatan (Dinkes) Aceh Barat bersama puskesmas di kabupaten itu mulai melakukan imunisasi pencegahan difteri ke sekolah dan madrasah di wilayah tersebut. Imunisasi itu diawali di MIN 11 Aceh Barat berlanjut ke MTs Harapan Bangsa (HBS), Kamis (11/4).

Kadis Kesehatan Aceh Barat, TR Ridwan MKes kepada Serambi, Kamis kemarin, mengatakan, imunisasi pencegahan difteri akan dilakukan ke semua sekolah dan madrasah di Aceh Barat secara bertahap. Siswa yang diimunisasi, jelasnya, yakni murid SD/MI dan pelajar SMP/MTs. “Imunisasi dilakukan untuk pencegahan, terutama kalangan siswa,” jelasnya.

Ridwan menerangkan, imunisasi difteri dilakukan oleh tim medis yang telah dibentuk oleh Dinkes bersama Puskesmas. “Tentu dalam hal ini, Dinkes Aceh Barat juga sudah melakukan sosialisasi baru-baru ini terhadap manfaat imunisasi serta penjelasan tentang penyakit difteri sendiri,” paparnya.

Ia mengakui, bahwa di Aceh Barat pada tahun 2019 ini, sudah ditemukan empat warga terjangkit difteri yang berasal dari dua desa. Kadinkes menegaskan, penyakit difteri dapat menular sehingga butuh diberikan pencegahan dengan imunisasi. “Harapan kita, dengan imunisasi dapat dicegah dan jumlah yang terjangkit tidak bertambah,” imbaunya.(riz)

Editor: hasyim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved