Pascagempa Bumi 6,9 Magnitudo, Lebih 1.000 Orang Masih Mengungsi di Buko Selatan Sulawesi Tengah 

“Warga di Desa Bongganan dan Desa Tompudau sebagian besar telah mengungsi di sekitar Masjid An-Nur Bukit Trikora,”

Pascagempa Bumi 6,9 Magnitudo, Lebih 1.000 Orang Masih Mengungsi di Buko Selatan Sulawesi Tengah 
(AFP PHOTO/STR)
Warga pergi menuju ke daerah yang lebih tinggi menyusul kekhawatiran adanya tsunami setelah gempa dahsyat mengguncang kawasan Luwuk, di bagian timur Sulawesi Tengah, Jumat (12/4/2019). Berdasarkan data BMKG, gempa bermagnitudo 6,9 terjadi di Banggai Kepulauan dan berpotensi tsunami, getaran juga dirasakan di Morowali, Banggai dan Palu, hingga Kolaka Utara. 

SERAMBINEWS.COM - Lebih dari 1.000 orang warga desa masih mengungsi di perbukitan di wilayah Kecamatan Buko Selatan, Kabupaten Banggai Kepulauan, Sulawesi Tengah.

Mereka merasa belum aman pascagempa bumi 6,9 Magnitudo yang mengguncang kawasan timur Pulai Sulawesi dan sempat berpotensi tsunami.

“Data sementara pengungsi untuk wilayah Kecamatan Buko Selatan lebih dari 1.000 jiwa,” kata Basri, Kepala Seksi Rekonstruksi Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Banggai Kepulauan, Sabtu (13/4/2019).

Baca: Panwaslih Bireuen Tindaklanjuti Laporan Tentang Timses Caleg Bagi-bagi Beras

Basri menjelaskan di malam hari, warga pesisir akan menuju lokasi pengungsian di dataran tinggi karena khawatir gempa susulan hingga tsunami kembali terjadi.

“Warga di Desa Bongganan dan Desa Tompudau sebagian besar telah mengungsi di sekitar Masjid An-Nur Bukit Trikora,” ujar Basri.

Dalam keterbatasan hidup di pengungsian, warga masih diliputi ketakutan.

Baca: Rusak Akibat Gempa 2013, Masjid Nurul Iman Lampahan Lelang Material untuk Percepatan Pembangunan

Gempa susulan masih dirasakan.

Hal ini yang menyebabkan mereka urung pulang ke rumah.

Kepala Bappeda Banggai Kepulauan, Aris Susanto saat dikonfirmasi mengatakan pemerintah terus melayani kebutuhan warga di pengungsian, termasuk mereka yang sakit.(*)

Baca: Dijuluki Satan II, Rusia Klaim Sukses Gelar Uji Coba Tahap Akhir Rudal Balistik Paling Canggih

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul: Lebih dari 1000 Orang Masih Mengungsi di Buko Selatan, Banggai Kepulauan

Editor: Hadi Al Sumaterani
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved