Rusak Akibat Gempa 2013, Masjid Nurul Iman Lampahan Lelang Material untuk Percepatan Pembangunan

Ilham menjelaskan bahwa Masjid Agung Nurul Iman sebelumnya mengalami kerusakan parah akibat gempa yang terjadi pada Juli 2013 lalu.

Rusak Akibat Gempa 2013, Masjid Nurul Iman Lampahan Lelang Material untuk Percepatan Pembangunan
Dok Serambinews.com
FOTO ATAS: Dua ibu dengan anak dalam gendongannya menangis di halaman rumah mereka kawasan Desa Lampahan, Kecamatan Timang Gajah, Bener Meriah setelah gempa darat 6,2 SR mengguncang Aceh, Selasa (2/7) pukul 14.37 WIB. FOTO BAWAH: Masjid di Gelumpang Payung dan rumah di Dusun Batu Asah, Kampung Sumber Jaya, Kecamatan Timang Gajah, Bener Meriah, yang rusak akibat gempa tersebut

Laporan Muslim Arsani | Bener Meriah

SERAMBINEWS. COM, REDELONG - Pemerintah Kabupaten Bener Meriah melalui Camat Timang Gajah bersama dengan panitia pembangunan Masjid Nurul Iman Lampahan, Kecamatan Timang Gajah, berencana akan melakukan lelang material untuk lanjutan pembangunan masjid tersebut yang rusak akibat gempa 2013 lalu.

Camat Timang Gajah, Ilham Abdi SSTP MAP, saat dikonfirmasi Serambinews.com, Sabtu (13/4/2019) membenarkan hal tersebut.

Ilham menjelaskan bahwa Masjid Agung Nurul Iman sebelumnya mengalami kerusakan parah akibat gempa yang terjadi pada Juli 2013 lalu.

Akibat kerusakan struktur yang cukup parah, hingga saat ini masjid ini masih digunakan walaupun dengan kondisi darurat.

Menurut ia pembangunan sudah dimulai sejak 2014 secara bertahap, dan rencananya di bulan juni nanti sudah mulai digunakan bangunan baru di bagian depan dengan kondisi darurat.

Baca: Hingga Sabtu (13/4/2019) Pagi, Terjadi 23 Gempa Susulan di Banggai Kepulauan

Baca: Detik-detik Gempa Magnitudo 6,9 Guncang Sulawesi Tengah, Warga Teriak Panik Air Laut Surut

Baca: GEMPA HARI INI - Sabang Kembali Diguncang Gempa Bumi 5,1 SR, Gempa Keenam dalam Bulan Ini

"Jika diselesaikan, kita butuh biaya sekitar Rp 10 miliar jadi untuk percepatan, kita upayakan melakukan lelang yang rencana akan dimulai pada 1 Ramadhan ini selama bulan puasa," ungkap ilham.

Ia mengatakan lelang akan dibuka oleh Plt Bupati Bener Meriah dan terbuka secara umum.

"Untuk teknisnya nanti, panitia akan mengumumkan berapa kebutuhan total material seperti besi beberapa ukuran dan harga, semen, pasir, batu, dan material lain yang dibutuhkan. Nanti misalnya kebutuhan semen kita 50.000 sak, harga per sak saat lelang adalah 55.000 misalnya, tinggal masyarakat yang ingin bersadaqah menyampaikan kemampuan akan menyumbang berapa sak yang dapat dinilai dengan uang atau semennya langsung," lanjut Camat muda ini.

Lebih lanjut ia mengatakan bahwa target untuk mencari donatur akan dimulai dibulan puasa, karena merupakan kesempatan paling baik untuk mencari donatur.

"Karena merupakan kesempatan paling baik untuk melipat gandakan amal selama bulan suci ramadhan," tutupnya. (*) 

Penulis: Muslim Arsani
Editor: Yusmadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved