Pemilu 2019

KIP Minta Petugas KPPS Pastikan Warga Dapat Formulir Model C6

Munawarsyah berharap pemilih Aceh yang berjumlah 3.527.385 jiwa yang tersebar di 15.610 TPS seluruh Aceh untuk hadir ke TPS menggunakan hak pilihnya p

KIP Minta Petugas KPPS Pastikan Warga Dapat Formulir Model C6
KOMPAS/MAHDI MUHAMMAD
Ilustrasi tata cara mencoblos pada Pemilu 2019 

Laporan Masrizal I Banda Aceh

SERAMBINEWS.COM, BANDA ACEH - Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh meminta kepada petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) untuk memastikan warga sudah mendapatkan formulir model C6-KPU atau surat pemberitahuan pemungutan suara.

"Petugas KPPS harus memastikan Formulir Model C6-KPU telah selesai didistribusikan kepada semua pemilih dari tanggal 14 sampai 15 April 2019," kata Ketua Divisi Teknis KIP Aceh,
Munawarsyah kepada Serambinews.com, Minggu (14/4/2019).

Dia menyatakan jika masih terdapat pemilih yang belum menerima Formulir Model C6-KPU, untuk segera mendatangi setiap PPS di kantor keuchik setempat untuk mendapatkan Formulir Model C6-KPU dengan menunjukkan KTP-el paling lambat tanggal 16 April 2019.

Baca: Masuki Minggu Tenang, Panwaslih dan Satpol PP Tertibkan APK di Lhokseumawe

Baca: Apapun Hasil Pilpres 2019, Prabowo dan AHY Diprediksi Bakal Bertarung pada Pilpres 2024

Baca: Daftar Gaji Presiden, Indonesia Rp 62 Juta per Bulan, Negara Ini hanya Rp 2,5 Juta

Munawarsyah berharap pemilih Aceh yang berjumlah 3.527.385 jiwa yang tersebar di 15.610 TPS seluruh Aceh untuk hadir ke TPS menggunakan hak pilihnya pada Rabu, 17 April 2019 pukul 07.00 WIB.

Menurutnya, KPPS akan memulai kegiatan pemungutan suara paling lambat pukul 07.30 WIB.

Dia mengingatkan bagi pemilih untuk datang ke TPS dengan membawa Formulir Model C6-KPU dan KTP-el, atau membawa identitas lain seperti KK, SIM, pasport.

Pemilih yang tidak memiliki KTP-el dapat menggunakan surat keterangan (Suket) dari Disdukcapil setempat.

Sementara pemilih tambahan atau DPTb dipastikan membawa Formulir A5-KPU dan KTP-el.

Bagi pemilih yang tidak terdaftar dalam DPT dan DPTb, termasuk kategori Daftar Pemilih Khusus (DPK) dan yang akan dilayani satu jam sebelum selesainya pemungutan suara dengan mempertimbangkan ketersediaan surat suara di TPS.

"Petugas KPPS harus memastikan pelaksanaan pemungutan dan penghitungan suara sebagaimana prosedurnya dengan mempedomani Buku Panduan KPPS," pungkas Munawarsyah.(*)

Penulis: Masrizal Bin Zairi
Editor: Ansari Hasyim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved