TNI/Polri Sebar Imbauan Kamtibmas

Polres Aceh Barat dan Kodim 0105 telah mengeluarkan imbauan mengenai keamanan dan ketertiban masyarakat

TNI/Polri Sebar Imbauan Kamtibmas
RADEN BOBBY ARIA PRAKASA, Kapolres Aceh Barat

* Ajak Masyarakat Gunakan Hak Pilih

MEULABOH - Polres Aceh Barat dan Kodim 0105 telah mengeluarkan imbauan mengenai keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) di kabupaten itu jelang pelaksanaan hari pemungutan suara Pemilu 2019 pada 17 April nanti. Dalam imbauan kamtibmas yang ditempel pada sejumlah titik di Aceh Barat itu menegaskan bahwa TNI/Polri siap mengamankan Pemilu.

Amatan Serambi, Minggu (14/4), imbauan kamtibmas juga tampak ditempelkan di papan depan Gedung DPRK Aceh Barat. Imbauan tersebut diteken Dandim 0105 Aceh Barat, Letkol Kav Nurul Diyanto SPd dan Kapolres Aceh Barat, AKBP Raden Bobby Aria Prakasa SIK. Tercatat, ada empat poin tertera pada imbauan tersebut.

Poin utama dari imbauan kamtibmas itu menyatakan, bahwa Pemilu pada Rabu 17 April adalah wujud pesta demokrasi yang akan memilih Presiden/Wakil Presiden serta wakil rakyat di DPR/DPD/DPRD provinsi, dan DPRD kabupaten/kota untuk lima tahun ke depan. Oleh karena itu, TNI/Polri mengajak masyarakat yang telah memiliki hak pilih untuk datang ke tempat pemungutan suara (TPS) dan menggunakan hak suaranya dengan baik. Kapolres Aceh Barat, AKBP Raden Bobby Aria Prakasa kepada Serambi, kemarin, menjelaskan, imbauan kamtibmas tersebut dilakukan bersama Kodim dan Polres dalam memberikan keamanan kepada masyarakat pada pesta demokrasi 17 April mendatang. “TNI/Polri berkomitmen untuk menjaga serta menjamin keamanan seluruh masyarakat dalam pesta demokrasi Pemilu 17 April 2019,” ujar Kapolres.

Bobby menjelaskan, pada Senin (15/4) hari ini, pihaknya akan mengadakan apel pasukan gabungan di halaman Mapolres, untuk selanjutnya personel disebarkan ke kecamatan-kecamatan serta desa di Aceh Barat dalam rangka pengamanan Pemilu 2019. “Personel gabungan termasuk dari BKO Brimob serta dari TNI,” tukasnya.

Sementara itu, satu peleton personel TNI dari jajaran Kodim 0116/Nagan Raya disiagakan 1x24 jam menjelang pelaksanaan Pilpres dan Pileg pada Rabu 17 April 2019. Kesiagaan tersebut guna mengantisipasi perkembangan situasi di wilayah itu, sehingga taktis dalam menghadapi berbagai situasi kemungkinan yang akan terjadi secara cepat. Peleton yang disiagakan itu terdiri dari personel Babinsa yang di-standby-kan setiap hari secara bergantian di Makodim Nagan Raya, Kompleks Perkantoran Suka Makmue.

Dandim 0116/Nagan Raya, Letkol Kav Nanak Yuliana kepada Serambi, Minggu (14/4), mengatakan, anggota TNI yang disiagakan itu dibentuk oleh Kodim dengan tujuan melaksanakan tindakan pencegahan dan penanggulangan secara cepat. Sehingga segala kemungkinan terkait tindakan yang dapat menimbulkan kerugian serta gangguan ketertiban dan keamanan di wilayah Nagan Raya menjelang hari pencoblosan Pemilu pada Rabu 17 Arpil 2019, dapat diatasi secara cepat.

“Kesiagaan satu peleton itu sebagai wujud TNI mendukung suksesnya Pemilu 2019. Sehingga segala potensi kerawanan yang ditimbulkan akan kami deteksi secara dini untuk dilakukan tindakan pencegahan. Tujuannya untuk dapat memberikan rasa aman dan nyaman serta menjaga situasi tetap kondusif,” jelas Nanak Yuliana.

Peleton Siaga Kodim itu, sebutnya, bisa dikatakan sebagai Peleton Pemukul yang siap digerakkan setiap saat untuk mencegah terjadinya tindakan gangguan keamanan jelang Pemilu 2019.(c45)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved