Usai Cium Hajar Aswad, Jokowi Jalani Tahalul Potong Rambut Iriana, Dua Putranya, dan Moeldoko

Presiden Joko Widodo telah menuntaskan rangkaian ibadah umrah setelah melengkapinya dengan prosesi potong rambut atau "tahalul"

Usai Cium Hajar Aswad, Jokowi Jalani Tahalul Potong Rambut Iriana, Dua Putranya, dan Moeldoko
Biro Pers, Media dan Informasi Sekretariat Presiden
Presiden Joko Widodo saat menunaikan ibadah umroh di Makkah, Senin (15/4/2019) waktu setempat.(Biro Pers, Media dan Informasi Sekretariat Presiden) 

SERAMBINEWS.COM, JAKARTA - Presiden Joko Widodo telah menuntaskan rangkaian ibadah umrah setelah melengkapinya dengan prosesi potong rambut atau "tahalul", salah satunya dilakukan kepada kedua putranya.

Dalam sejumlah foto dari Biro Pers, Sekretariat Presiden yang diterima pada Senin (15/4/2019), seperti dikutip Antara, Presiden Jokowi memotong beberapa rambut putra pertamanya Gibran Rakabuming Raka.

Tidak ketinggalan, mantan Gubernur DKI Jakarta itu juga memegang sejumput rambut dari putra bungsunya, Kaesang Pangarep.

Jokowi pun terlihat memotong beberapa helai rambut istrinya, Iriana Joko Widodo.

Selain itu, Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko yang turut dalam ibadah umroh juga dipotong sedikit rambutnya oleh Presiden. Sejumlah peserta ibadah umrah juga meminum air zam-zam di dalam gelas berwarna putih.

Prosesi memotong rambut atau "tahalul" merupakan salah satu rukun dalam ibadah umrah.

Presiden Jokowi telah menuntaskan rangkaian prosesi umroh dengan mengenakan kain ihram putih.

Rangkaian rukun ibadah umrah, yakni tawaf mengelilingi Kakbah sebanyak tujuh kali, "sa'i" atau berlari kecil dari Bukit Safa hingga Bukit Marwah, dan bercukur rambut atau "tahalul".

Pada saat kunjungan, Jokowi juga mendapat kesempatan masuk ke dalam bangunan Kakbah sebelum melakukan tawaf dan melihat batu hajar aswad.

Presiden Joko Widodo didampingi Ibu Iriana Jokowi juga diberi kesempatan masuk ke dalam Kakbah di Masjidil Haram saat menunaikan ibadah umrah di Tanah Suci, Senin (15/4/2019).

Halaman
123
Editor: faisal
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved