Prioritas Distribusi Wilayah Terpencil

Komisi Independen Pemilihan (KIP) Kabupaten Aceh Selatan, Senin (15/4), mulai mendistribusikan logistik pemilihan

Prioritas Distribusi Wilayah Terpencil
SERAMBI/DEDE ROSADI
Kotak suara dinaikan ke boat untuk dikirim ke Kecamatan Pulau Banyak dan Pulau Banyak Barat, Aceh Singkil, di pelabuhan tradisional Jembatan Tinggi, Singkil, Senin (15/4) 

* Logistik Pemilu

TAPAKTUAN - Komisi Independen Pemilihan (KIP) Kabupaten Aceh Selatan, Senin (15/4), mulai mendistribusikan logistik pemilihan umum (pemilu). Pendistribusian logistik pemilu ini mendapat pengawalan ketat dari aparat keamanan. Prioritas pendistribusian logistik ke wilayah terisolir dan terpencil terlebih dahulu.

“Ada dua wilayah yang masuk dalam wilayah rawan secara geografis, yakni Alue Keujruen, Kecamatan Kluet Tengah, dan Bulohsema, Kecamatan Trumon. Kedua wilayah dimaksud kita prioritaskan dalam pendistribusiannya,” kata Ketua KIP Aceh Selatan, Saiful Bismi, saat pelepasan truk pengangkut logistik di halaman kantor KIP setempat, Senin (15/4).

Dikatakan, Senin kemarin telah didistribusikan ke wilayah Pasie Raja sampai ke Trumon Timur. Hari ini dijadwalkan dari Tapaktuan sampai ke Labuhan Haji Barat.

Dikatakan, dalam pendistribusian logistik ini selain didampingi oleh staf KIP dan Panwaslu juga dikawal ketat oleh aparat keamanan dari kepolisian. “Tujuannya agar pendistribusiannya benar-benar aman sampai ke titik distribusi,” ungkap Saiful Bismi.

Adapun jumlah kotak suara yang akan distribusikan ke TPS-TPS tersebut seluruhnya berjumlah 3.295 kotak. “Per TPS 5 kotak x 659 TPS = 3.295 kotak, yang berisikan surat suara dan perlengkapannya,” jelas Saiful Bismi.

Pada kesempatan itu, Ketua KIP Aceh Selatan juga berharap kepada para pemilih untuk benar-benar menggunakan hak pilih. “Kita berharap pada hari H semua pemilih dapat menggunakan hak pilihnya,” pesan Saiful Bismi.

Diungkapkannya, pendistribusian logistik pilpres dan pileg 2019 dilakukan mulai tanggal 15-16 April 2019 ke PPK. Selanjutnya dari PPK ke PPS akan didistribusikan pada hari H. “Jumlah kotak suara yang akan didistribusikan sebanyak 3.295 untuk 659 TPS yang tersebar di 260 desa dalam 18 kecamatan,” terang Saiful Bismi.

Ditanya mengenai berapa jumlah daftar pemilih tetap (DPT) Aceh Selatan saat ini, Saiful Bismi mengungkap bahwa DPT Aceh Selatan tahun 2019 ini 156.432 yang terdaftar dalam DPT. “Mengenai pendistribusian akan dikawal oleh pihak keamanan, baik dari polri maupun dari TNI,” terangnya.

Logistik pemilu ke wilayah Kepulauan Banyak, Aceh Singkil, dikirim melalui boat kayu, Senin (15/4). Logistik tersebut untuk dua kecamatan, masing-masing Kecamatan Pulau Banyak dan Pulau Banyak Barat.

Berdasarkan pantauan di Jembatan Tinggi Pulau Sarok, Singkil, kotak suara dari kantor KIP Aceh Singkil di Desa Selok Aceh, diangkut menggunakan dua unit truk. Kemudian kotak suara dan logistik lainnya dinaikan ke dalam boat.

Kotak suara yang dibungkus plastik sebagai pelindung ditumpuk di bagian depan boat. Kemudian kembali ditutup menggunakan terpal agar tidak terkena tempias ombak selama perjalanan.

Aparat kepolisian terpantau mengawal pengiriman logistik ke Kepulauan Banyak. Berdasarkan informasi, distribusi logistik terlebih dahulu dilakukan ke wilayah kepulauan. Setelah itu berlanjut di wilayah daratan.

Ketua KIP Aceh Singkil, Edi Sugianto mengatakan, pengiriman logistik pada hari pertama dilakukan ke enam kecamatan. Kemudian dilanjutkan ke lima kecamatan lain dengan target selesai seluruh kecamatan H-1 sebelum pencoblosan. “Hari ini ke Pulau Banyak, Pulau Banyak Barat, Singkohor, Kuta Baharu, Danau Paris dan Gunung Meriah,” ujar Edi.(tz/de)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved