21 Kegiatan Meriahkan HUT Ke-814 Banda Aceh

Peringatan HUT Kota Banda Aceh ke-814 tahun akan dimeriahkan dengan 21 kegiatan

21 Kegiatan Meriahkan HUT Ke-814 Banda Aceh
FOR SERAMBINEWS.COM
Wali Kota Banda Aceh, Aminullah Usman 

BANDA ACEH - Peringatan HUT Kota Banda Aceh ke-814 tahun akan dimeriahkan dengan 21 kegiatan. Peringatan hari jadi kota yang didirikan oleh Sultan Alaidin Johansyah pada 22 April 1205 ini, akan melibatkan banyak warga, dengan tujuan meningkatkan kecintaan dan kebanggaan warga terhadap kotanya.

“Ada banyak kegiatan yang bakal kita gelar dalam rangka memperingati HUT kota ke-814. Kita ingin warga kota lebih mengenal akan sejarah kota ini dan semakin meningkatkan rasa cinta dan kebanggaannya,” ujar Wali Kota Banda Aceh, Aminullah Usman, saat memimpin rapat persiapan HUT Kota Banda Aceh, di Balai Kota setempat, Selasa (16/4).

Rapat ini diikuti Wakil Wali Kota, Zainal Arifin, Sekdakota, Bahagia, Asisten Tata Pemerintahan, Faisal, Asisten Ekonomi dan Pembangunan, Bachtiar, Asisten Administrasi Umum, Tarmizi Yahya, dan para Kepala SKPK jajaran Pemko Banda Aceh selaku panitia penyelenggara.

Dalam rapat tersebut, diputuskan akan digelar 21 kegiatan besar untuk memeriahkan hari jadi kota yang dulunya bernama Kutaraja ini. Even-even yang digelar mulai dari kegiatan keagamaan, olahraga, hingga perlombaan adat yang menunjukkan kekhasan budaya Aceh.

“Acara yang akan melibatkan banyak massa adalah jalan santai yang berhadiah umrah, rumah, dan sepeda motor. Acara ini diprediksi akan dimeriahkan 30 ribu warga kota dan sekitarnya. Panitia harus benar-benar mempersiapkan diri jelang even ini,” pinta Wali Kota.

Di bidang keagamaan, Pemko melalui MAA akan menggelar lomba dalail khairat dan lomba dikee Aceh. Kemudian digelar juga acara zikir akbar yang diperkirakan akan diikuti 10 ribu jamaah yang bertempat di Blangpadang pada 26 April nanti.

Sementara di bidang olahraga, ada lomba tarik tambang antar kecamatan. Kegiatan ini diikuti oleh masyarakat dari sembilan kecamatan di Banda Aceh dan akan digelar di tanah kosong bekas bangunan Hotel Aceh. Selain tarik tambang, ada juga lomba tenis, sepakbola, dan bulutangkis.

Kemudian ada juga kegiatan donor darah, gotong royong massal, lomba memasak, lomba bercerita bagi murid SD dan MIN, lomba adat menyambut Ramadhan, dan lomba karya jurnalistik dan Islamic Fashion Show yang bekerjasama dengan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Aceh.(rel/rul)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved