Breaking News:

Pemilu di Lapas Meulaboh, Berpenghuni 554 Orang, Ada 2 TPS, Tapi Hanya 10 Napi yang Berhak Mencoblos

Rinciannya 8 orang terdaftar dalam DPT (daftar pemilih tetap) dan 2 orang lagi terdaftar dalam DPTb (daftar pemilih tambahan).

Penulis: Rizwan | Editor: Zaenal
SERAMBINEWS.COM/RIZWAN
Suasana Pemilihan Umum 2019 di TPS Gampong Ujong Baroh, Meulaboh, Rabu (17/4/2019). 

Pemilu di Lapas Meulaboh, Berpenghuni 554 Orang, Ada 2 TPS, Tapi Hanya 10 Napi yang Berhak Mencoblos

Laporan Rizwan | Meulaboh

SERAMBINEWS.COM, MEULABOH - Jumlah nara pidana (napi)  di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas)  Kelas IIB MeulabohAceh Barat untuk mencoblos pada Pemilu serentak 2019, Rabu (17/4/2019) sangat minim.

Informasi Serambinews.com peroleh Rabu (17/4/2019), hanya 10 napi atau warga binaan yang mendapatkan suara suara memilih di Lapas Meulaboh.

Rinciannya 8 orang terdaftar dalam DPT (daftar pemilih tetap)  dan 2 orang lagi terdaftar dalam DPTb (daftar pemilih tambahan).

Sementara jumlah penghuni lapas sebanyak 554 orang yakni tercacat warga Aceh Barat, Nagan Raya, dan beberapa kabupaten lain di Aceh.

Anehnya di dalam Lapas tersebut, meski minim yang dapat memilih,  sebanyak 2 TPS (tempat pemungutan suara) disediakan oleh pihak penyelenggara Pemilu.

Kepala Lapas Meulaboh, Jumadi ditanyai mengaku jumlah warga binaan yang bisa memilih sangat sedikit dengan dalih tidak terdaftar dalam DPT.

"Padahal sudah pernah didata. Dampak ini banyak warga binaan menjadi kecewa karena tidak dapat memberikan suara mereka untuk memilih pada Pemilu, " kata Jumadi. 

Baca: Kenakan Baju Putih Saat Nyoblos, Nova Iriansyah: Setiap Hari Saya Pakai Baju Putih

Baca: Usai Mencoblos Bersama Iriana di TPS Wilayah Gambir, Jokowi: Ploongggg

RAPI Bantu Bankom untuk Pemilu di Aceh Barat

Sementara itu, pihak Radio Antar Penduduk Indonesia (RAPI) Aceh Barat, ikut memberikan bantuan komunikasi (Bankom) untuk Pemilu serentak 2019, Rabu (17/4/2019).

Bantuan komunikasi dengan menyiagakan anggota RAPI di Kantor Komisi Independen Pemilihan (KIP) dan kantor camat se-Aceh Barat.

Anggota RAPI siaga dari Satuan Tugas (Satgas) selain siaga juga patroli memastikan sehingga pelaksaan Pemilu lancar.

Koordinator satgas Bankom RAPI, Astrajuddin kepada Serambinews.com, penyiagaan anggota untuk membantu komunikasi sehingga sesuatu yang dibutuhkan berjalan lancar.

"Anggota RAPI disiagakan dengan HT," katanya. (*)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved