Beasiswa Santri Rp 500 Juta

Baitul Mal Aceh Utara kembali membuka pendaftaran penerimaan permohonan beasiswa untuk santri miskin

Beasiswa Santri Rp 500 Juta
IST
TGK YUSRADI ISMAIL, Kepala Baitul Mal Aceh Utara

LHOKSUKON – Baitul Mal Aceh Utara kembali membuka pendaftaran penerimaan permohonan beasiswa untuk santri miskin selama tiga bulan, yakni mulai April sampai Juni mendatang. Untuk itu, diharapkan kepada santri yang ingin mendapatkan beasiswa dapat segera mempersiapkan persyaratan.

“Jumlah beasiswa yang kita sediakan untuk santri miskin kali ini Rp 500 juta dengan jumlah penerima 1.000 santri. Artinya, setiap santri nantinya bisa mendapatkan beasiswa Rp 500 ribu per orang,” ungkap Kepala Baitul Mal Aceh Utara, Tgk Yusradi Ismail SE kepada Serambi, Rabu (17/4).

Menurutnya, beasiswa tersebut dialokasikan untuk santri supaya dapat membantu meringankan beban orang tuanya. Selain itu, untuk memotivasi dan membantu santri miskin yang sedang mengikuti pendidikan di dayah. “Jadi, bantuan ini hanya diberikan kepada santri Aceh Utara yang dibuktikan dengan indentitas lengkap,” tegas Tgk Yusradi.

Santri Aceh Utara, kata Kepala Baitul Mal, yang sedang mengenyam pendidikan dan mondok di dayah yang berada di kawasan Aceh Utara, atau di luar daerah. “Jadi beasiswa ini kita berikan kepada semua santri dari semua kelas. Kita tidak membatasi kelasnya yang dibuktikan dengan surat aktif dari dayah,” ujarnya.

Ditargetkan dalam selama tiga bulan waktu pendaftaran tersebut dapat memenuhi kuota yang sudah ditentukan. Setelah menerima berkas pengajuan, proses selanjutnya adalah memverifikasi kelengkapan berkas santri tersebut. Sehingga beasiswa itu benar-benar dapat tersalurkan kepada yang sangat membutuhkan.

“Harapan kita kepada semua pengusaha atau kepada warga supaya dapat menyalurkan zakatnya kepada Baitul Mal Aceh Utara. Dengan semakin banyak dana zakat yang terkumpul, kian banyak pula program pemberdayaan santri dan bantuan keagamaan lainnya dapat disalurkan kepada masyarakat miskin,” ujar Tgk Yusradi. Pihaknya menargetkan beasiswa itu dapat disalurkan kepada santri dalam tahun ini.

Pada sisi lain, Tgk Yusradi menyebutkan, pada 9 April 2019 pihaknya sudah menyalurkan beasiswa Rp 987.5 juta kepada 1.975 santri di Aceh Utara secara langsung. Beasiswa tersebut adalah jatah tahun 2019. Namun, beasiswa tersebut baru dapat disalurkan kepada santri, setelah pihaknya mendapatkan petunjuk teknis.

“Beasiswa tersebut kita salurkan kepada santri kemarin di kantor. Begitu juga untuk tahap kedua juga kita salurkan secara langsung, nanti akan kita umumkan jika memang sudah tahap pencairan,” pungkas Tgk Yusradi.(jaf)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved