Nova Berharap Partisipasi Pemilih Meningkat

Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Aceh, Nova Iriansyah mengharapkan partisipasi masyarakat Aceh dalam Pemilu 2019

Nova Berharap Partisipasi Pemilih Meningkat
IST
Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Aceh, Nova Iriansyah bersama istri saat mencoblos untuk pilpres dan pileg 2019 di TPS Geuceu Kayee Jato, Kecamatan Banda Raya, Banda Aceh, Rabu (17/4/2019). SERAMBI/M ANSHAR 

BANDA ACEH - Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Aceh, Nova Iriansyah mengharapkan partisipasi masyarakat Aceh dalam Pemilu 2019 meningkat dari pada pemilu atau pilkada sebelumnya. Jika melihat animo dan antusias masyarakat, Nova yakin persentase atau jumlah pemilih di Aceh untuk Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 di Aceh meningkat dari jumlah pemilih pada pemilu atau pilkada sebelumnya.

“Kalau kita lihat animo masyarakat, partisipasinya meningkat, mudah-mudahan. Pemilu atau pilkada lalu, tingkat partisipasi kita di angka 70 persen, semoga pemilu kali ini bisa 80 persen,” harap Nova Iriansyah seusai mencoblos di TPS 03 Geuceu Kayee Jato, Kecamatan Banda Raya, Banda Aceh, Rabu (17/4).

Plt Gubernur Aceh, Nova Iriansyah bersama istri, Dyah Erti Idawati, kemarin mencoblos di TPS yang sama di Geuceu Kayee Jato, Kecamatan Banda Raya, Banda Aceh. Pantauan Serambi, Nova dan istri tiba di TPS tersebut sekira pukul 09.30 WIB. Keduanya disambut masyarakat yang sedari tadi mengantre untuk mencoblos.

Sambil menyapa dan berbincang dengan warga, Nova dan Dyah langsung dipersilakan masuk ke area TPS. Keduanya juga duduk dan mengantre, menunggu panggilan dari Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS).

Setelah menunggu hampir 30 menit, panitia memanggil Nova dengan nomor DPT 39 dan Dyah Erti Idawati nomor 40. Keduanya langsung bangun, menerima lima surat suara dan menuju ke bilik suara untuk memilih. “Di mana? Di sini ya?,” tanya Nova kepada petugas.

Nova dan istri kemudian membuka satu persatu surat suara dan mencoblosnya. Sesudah itu, keduanya bersama-sama memasuki surat suara ke dalam kotak lalu menyelupkan jarinya ke dalam tinta sebagai tanda telah memilih dan berpartisipasi dalam Pemilu 2019.

Nova Iriansyah tampak mengenakan baju berwarna putih saat mencoblos di TPS Geuceu Kayee Jato. Sedangkan istrinya, Dyah Erti Idawati mengenakan baju berwarna biru, warna khas Partai Demokrat. Keduanya tampak sumringah sesaat setelah memilih dan memasukkan surat suara yang telah dicoblos ke dalam kotak suara.

Saat ditanya Serambi mengapa mengenakan pakaian putih, Nova menjawab santai. “Putih, kan setiap hari saya pakai baju putih, celana biru,” ujar Nova disambut tawa awak media.

Seperti diketahui, para pendukung capres/cawapres nomor urut 01, Jokowi-Ma’ruf Amin diinstruksikan secara nasional untuk mengenakan baju berwarna putih saat mencoblos kemarin. Saat ditanya milih siapa, Nova juga menjawab santai. “Siapa ya? Lupa tadi (milih siapa). Kan luber ya, langsung, bebas, dan rahasia,” ujar Nova didampingi istri, Dyah Erti Idawati.

Kepada awak media, Nova juga memastikan perhelatan Pemilu 2019 di Aceh berjalan lancar dan aman tanpa gangguan. Hasil monitoring unsur Forkopimda Aceh sehari sebelumnya, semua persiapan terlihat bagus. “Hanya di Benteng Sigli kemarin nggak cukup surat suaranya, tapi sorenya langsung teratasi,” demikian Nova Iriansyah.(dan)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved