Seorang Linmas Diamankan Gakkumdu Langsa, Diduga Rusak Surat Suara Sudah Tercoblos 

Insiden itu terjadi pada Rabu (17/4) malam, saat proses penghitungan sedang berlangsung di TPS 12 Gampong Paya Bujok Blang Paseh

Seorang Linmas Diamankan Gakkumdu Langsa, Diduga Rusak Surat Suara Sudah Tercoblos 
SERAMBINEWS.COM/ASNAWI LUWI
Sejumlah pemilih sedang melihat kartas suara calon presiden dan wakil presiden di TPS 

Laporan Zubir | Langsa

SERAMBINEWS.COM, LANGSA -  Seorang oknum Anggota Linmas diamankan Tim Penegakan Hukum Terpadu (Gakkumdu) Pemilu 2019 Langsa dan Panwaslih Kota Langsa, karena diduga merusak kertas surat suara yang telah tercoblos di salah satu TPS, di Gampong Paya Bujok Blang Paseh, Kecamatan Langsa Kota, Rabu (17/4/2019) malam.

Baca: Pascainsiden di Pos Marinir Pusong Lhokseumawe, Penghitungan Suara Pemilu 2019 Kembali Dilanjutkan

Informasi diperoleh Serambinews.com, Kamis (18/4/2019), modus dugaan pengrusakan kertas surat calon DPRK Dapil Langsa ini, dilakukan pelaku dengan cara mencoblos secara acak kertas surat suara calon DPRK Dapil Langsa tersebut menggunakan kawat yang telah dimodifikasi seperti cincin, yang dipakai di jari tangannya.

Insiden itu terjadi pada Rabu (17/4) malam, saat proses penghitungan sedang berlangsung di TPS 12 Gampong Paya Bujok Blang Paseh, dan diketahui oleh seorang saksi dari salah satu parnas peserta Pemilu yang sedang berada di TPS.

Untuk menghindari hal tak diinginkan, saat itu juga oknum Linmas dimaksud diamankan ke Kantor Panwaslih, guna dilakukan pemeriksaan oleh tim penyidik Gakkumdu. 

Baca: Ini Capres/Cawapres dan Calon Anggota DPD yang Unggul di Rutan Lhoksukon Aceh Utara

Bahkan video insiden dugaan pengrusakan kertas surat suara DPRK Dapil Langsa Kota di TPS dimaksud telah beredar di facebook dan dilihat oleh ratusan pengguna medsos FB.

Video sekitar dua menit lebih ini menunjukkan seorang saksi dari salah satu calon DPRK, memperlihatkan barang bukti cincin kawat yang digunakan oknum Linmas itu untuk merusak kertas surat suara calon DPRK Dapil Langsa Kota.

Sementara informasi beredar di kalangan masyarakat, pengerusakan kertas surat suara DPRK Dapil Langsa Kota ini dilakukan diduga bertujuan agar kertas surat suara yang telah dicoblos pemilih rusak atau tidak sah.

Baca: Sambil Gendong Kucing Kesayangan, Prabowo Jenguk Sandiaga Uno yang Dikabarkan Sakit di Rumahnya

Oleh karena itu, terindikasi pelaku nekat melakukan ini karena diduga ada aktor atau pihak tertentu ataupun sesama caleg yang mengarahkan oknum Linmas dimaksud.

Namun untuk memastikan hal itu, kini tim penyidik Gakkumdu Kota Langsa masih memeriksa oknum Linmas tersebut, di Sekretariat Panwaslih Kota Langsa.

Ketua Panwaslih Kota Langsa, M Khairi, yang dihubungi Serambi via telepon belum bersedia mengangkat handphonenya, dan saat dikonfirmasi langsung ke Sekretariat Panwaslih yang bersangkutan tidak bisa dijumpai.

Baca: Ribuan Pasien RSUZA dan Keluarganya Tak Bisa Memilih, Ini Penjelasan KIP

Menurut petugas di Sekretariat Panwaslih, Ketua Panwaslih Kota Langsa, M Khairi, kemungkinan sedang beristirahat karena malamnya belum sempat beristrirahat.

Seorang Komisioner Panwaslih, Agus Saputra, mengatakan, saat ini penyidik sedang memeriksa oknum Linmas tersebut, pihaknya belum bisa memberikan keterangan hingga pemeriksaan selesai dilakukan nantinya. (*)

Penulis: Zubir
Editor: Mursal Ismail
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved