Tugas di TPS, Pergi Pagi, Pulang Pagi Keesokannya

Secara umum yang bertugas di TPS antara lain PPS, KPPS, saksi, anggota Panwas, Linmas maupun aparat keamanan, serta perangkat desa.

Tugas di TPS, Pergi Pagi, Pulang Pagi Keesokannya
Serambi
Sejumlah kaum ibu yang menjadi saksi dari partai tetap berada di TPS di Gampong Geulanggang Baro sebelum proses penghitungan suara selesai, Kamis (18/4/2019) pagi. SERAMBINEWS.COM/YUSMANDIN IDRIS 

Laporan Yusmandin Idris I Bireuen

SERAMBINEWS.COM, BIREUEN - Bagi sebagian besar warga yang dipercayakan mendapat tugas di Tempat Pemungutan Suara  (TPS) Pemilu 2019, maka sejak bertugas di TPS sekitar pukul 07.30 WIB  Rabu (17/04/2019), baru bisa pulang Kamis (18/04/2019) pagi, bahkan ada yang pulang siang.

Baca: Berkaca pada Quick Count-Real Count Pilkada DKI, Lihat Peluang Prabowo-Sandi untuk Unggul

Secara umum yang bertugas  di TPS antara lain PPS, KPPS, saksi, anggota  Panwas, Linmas maupun aparat keamanan, serta perangkat desa. 

Mereka sudah hadir ke TPS sejak pagi Rabu (17/04/2019), pekerjaan mulai dari membuka kotak suara, persiapan administrasi, menerima saksi, kemudian dilanjutkan nyoblos yang selesai siang.

Anggota KPPS Geulanggang Baro, Kota Juang Bireuen, Kamis (18/4) pagi, sedang mengisi formulir di TPS desa setempat. Seorang anggota Linmas sedang sarapan pagi. SERAMBINEWS.COM/YUSMANDIN IDRIS
Anggota KPPS Geulanggang Baro, Kota Juang Bireuen, Kamis (18/4) pagi, sedang mengisi formulir di TPS desa setempat. Seorang anggota Linmas sedang sarapan pagi. SERAMBINEWS.COM/YUSMANDIN IDRIS (Serambi)

Baca: Tujuh Parpol Diperkirakan tak Lolos ke DPR RI

Amatan Serambi di tiga TPS Desa Geulanggang Baro, Kota Juang Bireuen terdapat tiga TPS, masing-masing KPPS hingga pagi Kamis masih berjibaku menghitung suara, sejumlah anggota KPPS terlihat lesu, ada yang mengantuk, ada yang sedang sarapan dan ada yang sedang membereskan pengisian berbagai formulir.

Sekdes Geulanggang Baro, Kota Juang Bireuen, David Patresia kepada Serambinews.com, Kamis (18/4/2019) mengatakan, pekerjaan menghitung suara dimulai kemarin siang dan pagi ini diharapkan selesai untuk segera dibawa ke kecamatan.

Baca: LIBAS Minta Panwaslih Usut Tuntas Dugaan Money Politik di Aceh Selatan 

Saat penghitungan suara, KPPS hingga berbagai perangkat lainnya diharuskan tetap berada di TPS dan menjalankan tugas masing-masing. Proses penghitungan suara rata-rata dimulai pukul 13.00 WIB kemarin dan baru selesai Kamis (18/04/2019) dini hari.

Sebelum seluruh proses selesai, kata David,  maka seluruh KPPS, saksi dan unsur lainnya menjalankan tugasnya, begitu juga para saksi tetap berada di TPS, bahkan ada saksi yang matanya sudah terlihat mengantuk harus tetap di TPS mengikuti penghitungan suara.

Baca: Prabowo Sandi Unggul di TPS Abusyik dan 22 TPS Lainnya di Kecamatan Delima Pidie

Pada bagian lain, ada tim yang menyediakan makan minum mulai dari pagi Rabu sampai siang Kamis, sehingga berbagai kegiatan berjalan lancar. “Inilah namanya kerja sama dan semua yang terlibat tetap berada di lingkungan TPS pada tugas masing-masing, pergi pagi pulang pagi juga, mungkin juga ada yang pulang siang,” ujar David yang ditemani sejumlah anggota KPPS, PPS dan lainnya.

Menurutnya, hampir seluruh TPS di Bireuen proses penghitungan suara yang dimulai Rabu (17/04/2019) baru selesai Kamis (18/4/2019), tentunya para petugas waktunya hampir sama pergi pagi pulang juga pagi, bahkan ada yang pulang siang. (*)

Penulis: Yusmandin Idris
Editor: Mursal Ismail
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved