Menteri Susi Turun Tangan Lepasliarkan Benih Lobster Senilai Rp10,23 Miliar yang Gagal Diselundupkan

Upaya penyelundupan lobster-lobster tersebut dilakukan melalui wilayah Kuala Tungkal dengan tujuan akhir Singapura.

Menteri Susi Turun Tangan Lepasliarkan Benih Lobster Senilai Rp10,23 Miliar yang Gagal Diselundupkan
Fabian Januarius Kuwado
Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti saat piknik dadakan di Pantai Sindu, Pulau Ranai, Kabupaten Natuna, Kepulauan Riau, Sabyu (28/10/2017). 

SERAMBINEWS.COM - Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastutimelepasliarkan benih lobster di laut sekitar Pulau Cemara Karimun jawa, Jawa Tengah, (12 April 2019).

Benih lobster yang dilepasliarkan Susi dengan didampingi oleh Kepala BKIPM Dr. Rina, Kepala Puskari dan tim gabungan tersebut berjumlah 96.000 ekor.

Semuanya merupakan benih lobster yang sempat hendak diselundupkan ke Singapura dari Kualatungkal Jambi.

Baca: Penguji Makanan Hewan Hingga Pengendus Ketiak, Ini 8 Pekerjaan yang Dianggap Paling Tidak Masuk Akal

"Ribuan ekor benih lobster yang terdiri atas jenis pasir dan mutiara itu dilepasliarkan langsung oleh ibu menteri pada Jumat (12/4) bersama dengan Kepala BKIPM Pusat, Rina bersama pejabat terkait lainnya," kata Humas BKIPM Jambi, Sukarni, seperti dilansir INTISARI dari Antara.

Perairan Pulau Cemara dipiliha karena perairan tersebut dianggap sebagai area yang paling layak untuk pengembakbiakan lobster muda.

Selain itu, perairan Pulau Cemara juga memiliki air yang jernih, bersih, dan memiliki karang yang dapat digunakan sebagai 'shelter' benih-benih lobster tersebut.

Baca: Harga Saham Perusahaan Milik Sandiaga Uno Terjun Bebas

Benih-benih lobster yang dilepaskan dikemas dalam kotak stereofoamberjumlah 69.005.

Sementara 300 ekor lainnya dipilih untuk tidak dilepasliarkan karena akan dijadikan barang bukti dalam proses persidangan.

Jika dihitung dan diestimasikan dalam rupiah, maka penyelamatan 69 ribu lobster tersebut setara dengan menyelamatkan Rp10,23 miliar uang negara.

Baca: Tiga Pelaku Pengeroyokan Audrey Hendak Dihukum Kerja Sosial, Keluarga Tetap Pilih Jalur Hukum

Upaya penyelundupan lobster-lobster tersebut dilakukan melalui wilayah Kuala Tungkal dengan tujuan akhir Singapura.

Namun, berhasil digagalkan oleh anggota Polres Tanjabbar dan Badan Karantina Ikan dan Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan (BKIPM) Jambi, pada Rabu lalu (10/4).

Artikel ini tayang pada Intisari Online dengan judul : Menteri Susi Turun Tangan Langsung Lepasliarkan 69.005 Benih Lobster Senilai Rp10,23 Miliar yang Gagal Diselundupkan

Editor: Fatimah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved