Panwaslih Banda Aceh Minta Masyarakat Awasi Rekapitulasi Suara

Setelah pemungutan suara 17 April lalu selesai, Panwaslih Banda Aceh serta jajarannya terus mengawasi tahapan ekapitulasi suara di tingkat kecamatan.

Panwaslih Banda Aceh Minta Masyarakat Awasi Rekapitulasi Suara
Serambi
Anggota Panwaslih Banda Aceh, Elly Safrida sedang memberikan pembekalan terhadap 34 anggota PTPS se Kecamatan Kuta Raja tentang tata cara melakukan pengawasan pada Pemilu 2019, di Gedung Sultan Selim II, Banda Aceh, Selasa (26/3/2019). SERAMBINEWS.COM/MASRIZAL 

Laporan Masrizal | Banda Aceh

SERAMBINEWS.COM, BANDA ACEH - Setelah pemungutan suara 17 April lalu selesai, Panitia Pengawas Pemilihan (Panwaslih) Kota Banda Aceh serta jajarannya terus mengawasi tahapan rekapitulasi suara di tingkat kecamatan.

Ketua Panwaslih Banda Aceh, Afrida kepada Serambinews.com, Jumat (19/4/2019) mengatakan masyarakat bisa melakukan pengawasan, tapiharus ketertiban dan keamanan.

Dalam melakukan pengawasan, masyarakat bukan bertindak sebagai saksi pasangan calon presiden/wakil presiden ataupun saksi partai politik, dan masyarakat tidak mencampuri proses rekapitulasi.

“Keterlibatan masyarakat justru akan membantu mengurangi potensi kecurangan yang mungkin dilakukan oleh penyelenggara Pemilu, serta ini akan menjadi sebuah gerakan partisipatif masyarakat mewujudkan Pemilu bersih,”ungkap Afrida.

Baca: Panwaslih Simeulue: Belum Ada Laporan Kecurangan Pemilu

Baca: Terindikasi Ada Kecurangan, Panwaslih Aceh Rekomendasi Pemungutan Suara Ulang di Empat Daerah

Baca: Lagi, Panwaslih Aceh Utara Temukan Seratusan Surat Suara sudah Tercoblos

Afrida mengungkapkan, masa rekapitulasi suara dan penetapan hasil perhitungan suara di tingkat kecamatan dimulai dari 18 April hingga 4 Mei 2019. Di tingkat kabupaten/kota dilakukan dari 20 April hingga 7 Mei 2019.

Sementara di tingkat provinsi akan dimulai dari 22 April hingga 12 April 2019, dan rekapitulasi nasional akan berlangsug pada 25 April hingga 22 Mei 2019.

Apabila terjadi kejanggalan, kata Afrida, masyarakat bisa melaporkan kepada pihak Panwaslih. (*)

Penulis: Masrizal Bin Zairi
Editor: Yusmadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved