Heboh Tambang Emas di Aceh, Irwandi Yusuf Sebut Pernah Tolak Beri Persetujuan Izin PT Linge Mineral

PT East Asia Mineral adalah pemegang saham 80 persen pada PT Linge Mineral, perusahaan tambang yang beroperasi di Kecamatan Linge, Aceh Tengah.

Heboh Tambang Emas di Aceh, Irwandi Yusuf Sebut Pernah Tolak Beri Persetujuan Izin PT Linge Mineral
ANTARA/HAFIDZ MUBARAK A
GUBERNUR Aceh nonaktif Irwandi Yusuf bersiap menjalani sidang dengan agenda pembacaan tuntutan di Pengadilan Tipikor, Jakarta, Senin (25/3/2019). 

Heboh Tambang Emas di Aceh, Irwandi Yusuf Sebut Pernah Tolak Beri Persutujuan Izin PT Linge Mineral

Laporan Fikar W Eda | Jakarta

SERAMBINEWS.COM, JAKARTA - Gubernur nonaktif Aceh, Irwandi Yusuf menegaskan, dirinya pernah menolak memberikan persetujuan izin produksi kepada PT East Asia Mineral.

PT East Asia Mineral adalah pemegang saham 80 persen pada PT Linge Mineral, perusahaan tambang yang beroperasi di Kecamatan Linge, Kabupaten Aceh Tengah.

Pengakuan Irwandi Yusuf itu disampaikan sehubungan hebohnya penolakan masyarakat terhadap izin usaha pertambangan di bumi Aceh, termasuk Kecamatan Linge, Aceh Tengah.

"Tidak sah. Hana (tidak ada) rekomendasi gubernur. Pernah mereka (PT East Asia dan Bupati Aceh Tengah) datang menghadap saya antara 2009 dan 2010, minta persetujuan Izin Produksi. Saya tolak," kata Irwandi Yusuf.

"Saya katakan untuk memberi makan 5 juta rakyat Aceh kami belum merasa perlu menggaruk simpanan emas kami dalam perut bumi. Masih banyak resource lain untuk kehidupan rakyat," tambah Irwandi Yusuf.

Baca: Tolak Tambang Emas di Gayo, Amanat Surati Presiden dan Menteri

Baca: Ini 14 Kronologi Penerbitan Izin Tambang Emas PT EMM di Nagan Raya yang Memicu Protes Mahasiswa

Baca: VIDEO - Bentrokan Warnai Unjukrasa Penolakan Tambang Emas Di Aceh Tengah

Pernyataan Irwandi Yusuf tersebut disampaikan melalui pesan yang dititipkan pada rekannya yang berkunjung ke rumah tahanan KPK. Irwandi Yusuf saat ini ditahan terkait dengan proses hukum tindak pidana korupsi.

Irwandi Yusuf menambahkan, setelah menolak memberi persetujuan izin PT East Asia, selang beberapa waktu kemudian datang lagi delegasi PT East Asia, tapi tetap ditolaknya.

"Jadi, si bupati sepertinya sudah duluan bikin surat izin, baru kemudian menghadap rame-rama kepada saya untuk minta rekom," ujarnya.

Baca: Tak Terima Gubernur Aceh Irwandi Yusuf Divonis 7 Tahun Penjara, KPK Ajukan Banding

Baca: Salam Komando Irwandi Yusuf dan Darwati A Gani, ‘Kita Lawan Ketidakadilan Ini’

Baca: BREAKING NEWS – Irwandi Yusuf Divonis 7 Tahun Penjara, Hendri Yuzal 4 Tahun, T Saiful Bahri 5 Tahun

Halaman
123
Penulis: Fikar W Eda
Editor: Safriadi Syahbuddin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved