Breaking News:

Lahan Kosong di Gampong Rima Terbakar

Lahan kosong yang dipenuhi rumput dan ilalang di pinggir Jalan Banda Aceh-Meulaboh, Gampong Rima Keunerum, Kecamatan Peukan Bada

Editor: hasyim
SERAMBINEWS.COM/MISRAN ASRI
Warga sedang menyiram lahan kosong yang terbakar di 

BANDA ACEH - Lahan kosong yang dipenuhi rumput dan ilalang di pinggir Jalan Banda Aceh-Meulaboh, Gampong Rima Keunerum, Kecamatan Peukan Bada, Aceh Besar, Jumat (19/4) sore, terbakar. Kebakaran lahan kosong seluas kurang lebih setengah hektare itu sempat memunculkan kepanikan warga setempat. Karena, tidak jauh dari lokasi kejadian terdapat sejumlah rumah penduduk.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (Kalaksa BPBD) Aceh Besar, Farhan AP yang dihubungi Serambi mengatakan, kebakaran lahan kosong yang dipenuhi rumput dan ilalang itu terjadi sekitar pukul 15.50 WIB. “Syukur, informasi itu cepat sampai ke petugas piket pemadam BPBD Aceh Besar kami di Pos Peukan Bada yang disampaikan oleh saudara Abdurrahman, seorang warga setempat, sehingga petugas cepat bergerak ke lokasi dan api mampu dikuasai sekitar pukul 16.15 WIB,” kata Farhan.

Ia menjelaskan, dalam kebakaran lahan kosong milik warga tersebut, BPBD Aceh Besar, mengerahkan satu armada pemadam dari Pos Peukan Bada. Sementara armada pemadam lainnya dari Pos Sibreh Keumude, Kecamatan Sukamakmur, telah disiagakan dan siap dikerahkan, bila armada pemadam dari pos Peukan Bada tidak dapat mengantisipasinya. “Alhamdulillah satu unit mobil pemadam dari pos Peukan Bada, api mampu dikuasai,” ungkap Kalaksa BPBD Aceh Besar ini.

Ia menerangkan sejauh ini belum diketahui penyebab kebakaran lahan kosong yang ditumbuhi ilalang tersebut. Meski demikian, BPBD meminta masyarakat untuk tidak membakar sampah sembarangan, apalagi sampai meninggalkannya. “Jangankan membakar sampah, membuang puntung rokok yang masih ada baranya bisa berbahaya dalam kondisi cuaca yang begitu panas terjadi belakangan ini,” pungkas Farhan didampingi petugas Pusdalops-PB BPBD Aceh Besar, Iqbal.

Proses pemadaman lahan kosong di ruas jalan nasional Gampong Rima Keunerum, Kecamatan Peukan Bada, Aceh Besar itu, ikut melibatkan personel polsek dan koramil setempat.(mir)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved