Satu Ramadhan Jatuh pada 6 Mei

Sesuai kajian ilmu falak yang dilakukan Jurusan Astronomi Islam Fakultas Syariah IAIN Lhokseumawe, 1 Ramadhan tahun ini

Satu Ramadhan Jatuh pada 6 Mei
google/net
Pantau Hilal Untuk Menetapkan Awal Ramadhan 

* Kajian Ilmu Falak

LHOKSEUMAWE - Sesuai kajian ilmu falak yang dilakukan Jurusan Astronomi Islam Fakultas Syariah IAIN Lhokseumawe, 1 Ramadhan tahun ini akan jatuh pada 6 Mei 2019. Meskipun begitu, pihak IAIN mengharapkan masyarakat tetap menunggu hasil sidang isbat yang akan dilakukan Kementerian Agama RI nantinya.

Sekretaris Jurusan Astronomi Islam Fakultas Syariah IAIN Lhokseumawe, Tgk Ismail SSy MA, kemarin, menjelaskan, untuk mengetahui kapan jatuh 1 Ramadhan 1440 H, terlebih dahulu harus mengetahui kondisi hilal (bulan sabit yang terlihat di atas kaki langit barat setelah matahari terbenam). Hilal menjadi patokan dalam menetapkan awal bulan Ramadhan dalam kalangan mazhab hisab dan mazhab rukyat di Indonesia.

Sedangkan data hilal untuk awal Ramadhan 1440 H di Indonesia, sebut Tg Ismail, pertama, konjungsi geosentrik atau ijtma’ kembali terjadi pada Minggu (5/5) pukul 5.45 WIB atau pukul 6.45 WITA atau pukul 7.45 WIT.

Kedua, tinggi hilal di atas ufuk barat pada Minggu (5/5) atau 29 Syakban 1440 H saat matahari terbenam di seluruh Indonesia berkisar antara 5 derajat 37 menit 1,2 detik sampai dengan 4 derajat 30 menit 59,4 detik.

Dari data hilal di atas, sebut Tgk Ismail, dapat dipastikan semua kriteria awal bulan hijriah yang dipakai selama ini oleh ormas Islam di Indonesia sudah terpenuhi pada 5 Mei 2019 atau 29 Syakban 1440 H. Artinya, secara perhitungan ilmu falak, awal Ramadhan 1440 H jatuh pada hari Senin (6/5). “Sedangkan sidang isbat pemerintah akan dilaksanakan pada Minggu (5/5) sore di Jakarta. Sidang isbat ini akan memadukan antara laporan hasil rukyah hilal di seluruh Indonesia dengan data astronomis. Kita berharap semua masyarakat bisa menunggu hasil sidang isbat,” demikian Tgk Ismail.(bah)

Editor: hasyim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved