Keuchik Tagih Realisasi Rumah KAT

Keuchik Sikundo, Kecamatan Pante Ceureumen, Aceh Barat mempertanyakan janji pembangunan

Keuchik Tagih Realisasi Rumah KAT
SERAMBINEWS.COM/RIZWAN
Kadis Sosial Aceh, M Alhudri didampingi Kepala BPBA, T Ahmad Dadek menyerahkan bantuan kepada Camat Pante Ceureumen, T Juanda untuk diteruskan kepada warga Sikundo Kecamatan Pante Ceureumen, Aceh Barat ketika meninjau desa setempat rencana pembangunan rumah KAT 

* Dijanjikan Dibangun Awal April

MEULABOH - Keuchik Sikundo, Kecamatan Pante Ceureumen, Aceh Barat mempertanyakan janji pembangunan rumah Komunitas Adat Terpencil (KAT) yang akan dibangun di desa setempat sebanyak 39 unit. Sebab, hingga sekarang pembangunan rumah bantuan dari Kementerian Sosial (Kemensos) tersebut belum kunjung dimulai, padahal dulu dijanjikan peletakan batu pertama dilakukan pada awal April 2019.

“Janji semula direncanakan peletakan batu pertama pada awal April 2019. Tapi hingga kini belum juga dimulai,” kata Jauhari, Keuchik Sikundo kepada Serambi, Sabtu (20/4). Jauhari menjelaskan, Pemerintah Aceh memang sudah menyampaikan bahwa pembangunan rumah KAT itu kini dalam tahap pelelangan dan akan direalisasikan setelah Ramadhan mendatang. “Namun, rencana semula dulu akan dilakukan peletakan batu pertama pada awal April oleh Plt Gubernur Aceh, Ir Nova Iriansyah MT. Janji itu yang kita pertanyakan,” ujarnya.

Ia berharap, pembangunan rumah KAT yang sudah dijanjikan rampung dalam tahun ini dapat benar-benar terealisasi yakni berjumlah 39 unit dengan tipe 24 berkonstruksi semipermanen. “Penduduk desa kami berharap bisa secepatnya direalisasikan,” ucapnya.

Seperti diketahui, Pemerintah Aceh melalui Dinas Sosial Aceh akan merealisasikan pembangunan 39 unit rumah KAT untuk Desa Sikundo, Kecamatan Pante Ceureumen, Aceh Barat. Kepastian pembangunan rumah bersumber dana dari APBN 2019 itu menyusul kunjungan Kadis Sosial Aceh ke desa pedalaman di Aceh Barat tersebut, beberapa waktu lalu.

Pada bagian lain, Keuchik Sikundo, Jauhari menerangkan, untuk pemasangan jaringan listrik ke desa pedalaman itu kini sedang dalam tahap pelaksanaan. Bahkan, beber dia, pemasangan tiang listrik sudah sampai ke jembatan Sikundo, sehingga hanya tinggal memasang kabel dan tiang ke kawasan desa. “Kalau tiang listrik sudah rampung hingga ke Sikundo,” jelasnya.

Menilik progress tersebut, sebut Jauhari, warganya sangat senang karena rencana listrik menyala di Sikundo pada Juni 2019 sebagaimana pernah dijanjikan ke PLN, kemungkinan besar akan tercapai. “Kami bersyukur. Semoga bulan Juni atau bahkan sebelum Ramadhan ini sudah berlistrik desa kami,” ungkap Jauhari.

Untuk itu, tukas Jauhari, pihaknya segera akan mendatangi Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman (Perkim) Aceh Barat guna mempertanyakan realisasi pemasangan Kwh meter listrik secara gratis. “Saya akan pertanyakan ke Perkim semoga dibantu. Ini seiring dengan akan masuknya jaringan listrik ke Sikundo,” pungkas Jauhari.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, PLN memastikan Desa Sikundo, Kecamatan Pante Ceureumen, Aceh Barat sudah berlistrik pada Juni 2019 mendatang. Pasalnya, PLN sudah menghitung keperluan tiang listrik untuk pemasangan jaringan ke desa pedalaman itu yang ditaksir berjumlah 150 buah dengan jarak sekitar 6 kilometer. Selain itu, material untuk pemasangan jaringan listrik juga sudah diboyong ke kawasan tersebut.(riz)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved