Surat Suara Membingungkan

Ratusan surat suara di sejumlah desa di Aceh Tenggara (Agara) diketahui tidak dicoblos

Surat Suara Membingungkan
Instagram @suryoprabowo2011
Kolase cuplikan video surat suara yang sudah tercoblos 

* Di Agara Banyak yang tak Dicoblos

KUTACANE - Ratusan surat suara di sejumlah desa di Aceh Tenggara (Agara) diketahui tidak dicoblos. Diduga, hal ini terjadi karena masyarakat masih kebingungan melihat banyaknya surat suara yang harus dicoblos.

Seperti diketahui, dalam Pemilu kemarin ada lima jenis surat suara yang harus dicoblos, yang masing-masingnya ditandai dengan warna-warna yang berbeda pula. Untuk Pilpres (abu-abu), Pileg DPR (kuning), DPRD Provinsi (biru), DPRD Kabupaten/Kota (hijau) dan DPD RI (merah).

Informasi yang diperoleh Serambi, ratusan surat suara yang tak dicoblos itu terjadi di TPS Desa Lawe Loning Aman, Desa Lawe Loning Hakhapen, dan desa ainnya di Kecamatan Lawe Sigala-gala. Hal ini juga terjadi di sejumlah desa di Kecamatan Babul Makmur.

Seperti di Tempat Pemungutan Suara (TPS) IV Lawe Loning Aman. Menurut Ketua Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) setempat, Sukri, ada sekitar puluhan surat suara di TPS-nya yang tak dicoblos. “Pemilih binggung melihat banyaknya surat suara, sehingga saat dibuka langsung ditutup lagi dan dimasukkan ke dalam kotak suara,” ungkap Sukri.

Sekretaris Komisi Independen Pemilihan (KIP) Agara, M Irwandi Ramud, juga mengakui jika banyak warga Agara yang tidak memilih dalam Pemilu kemarin. “Sekitar 20.000 orang tidak memberikan hak suaranya,” sebutnya kepada Serambi, Jumat (19/4).

Namun menurut dia, hal itu terjadi bukan karena masyarakat bingung memilih, melainkan karena kurangnya keinginan masyarakat untuk memilih. “Padahal kami telah gencar melakukan sosialisasi untuk nyoblos dalam Pemilu 2019,” akunya.

Sementara terkait perolehan suara dalam Pemilu kemarin, pihaknya belum bisa memastikan karena belum masuk hasil rekapitulasi di tingkat Panitia Pemilihan Kecamatan dan Komisioner KIP Agara. Pihaknya masih memiliki waktu hingga 10 hari ke depan untuk menuntaskan rekapitulasi perhitungan suara Pemilu.(as)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved