GeMPAR Minta KIP Aceh Timur Instruksikan KPPS agar Tempel Formulir C1 di Tempat Umum

Ketua GeMPAR Aceh, Auzir Fahlevi SH, meminta KIP Aceh Timur agar mengintruksikan KPPS/PPS se-Aceh Timur untuk mengumumkan formulir C1 di gampong.

GeMPAR Minta KIP Aceh Timur Instruksikan KPPS agar Tempel Formulir C1 di Tempat Umum
For Serambinews.com
Auzir Fahlevi 

Laporan Seni Hendri | Aceh Timur

SERAMBINEWS.COM, IDI - Ketua LSM Gerakan Masyarakat Partisipatif (GeMPAR) Aceh, Auzir Fahlevi SH, meminta KIP Aceh Timur agar mengintruksikan KPPS/PPS se-Aceh Timur untuk mengumumkan formulir C1 atau hasil perolehan suara pada Pemilihan calon anggota DPR RI, DPRA, DPRK, Pilpres dan DPD di lingkungan TPS yang mudah diakses oleh publik, selama 7 hari pascapemilihan.

Pengumuman hasil perolehan suara dari pemilu tersebut, jelas Auzir, merupakan amanat Peraturan KPU Nomor 3 Tahun 2019 sebagaimana disebutkan dalam Pasal 61 ayat (1) bahwa KPPS mengumumkan salinan formulir Model C-KPU, Model C1-PPWP, Model C1-DPR, Model C1-DPD, Model C1-DPRD Provinsi, dan Model C1-DPRD Kab/Kota di lingkungan TPS yang mudah diakses oleh publik selama 7 hari.

"Hasil perolehan atau penghitungan suara yang telah direkap oleh pihak KPPS/PPS harus diketahui oleh masyarakat sebagai bentuk atas transparansi dan akuntabilitas hasil pemilu," jelas Auzir dalam keterangan tertulis yang diterima Serambinews.com, Minggu (21/4/2019) malam.

Bahkan di dalam UU Nomor 7 Tahun 2017 tentang pemilu yang merupakan induk hukum Pemilu 2019 juga disebutkan di dalam pasal 508 bahwa anggota PPS yang tidak mengumumkan hasil pemilu dapat dikenakan pidana penjara paling lama 1 Tahun penjara. 

Menurutnya, saat ini di Aceh Timur banyak para KPPS/PPS yang tidak mengumumkan salinan formulir hasil perolehan suara itu.

"Karena itu, kami meminta KIP agar mengorganisir jajaran KPPS/PPS dibantu PPK kecamatan untuk menindaklanjuti peraturan KPU Nomor 3 Tahun 2019 tersebut. Jika tidak dilakukan, maka ini sama saja dengan menutup-nutupi hasil prosesi demokrasi yang dijamin secara konstitusional," ujar Auzir.(*)

Baca: Irwandi Bicara Pernikahannya dengan Steffy Burase

Baca: PAN Unggul di Aceh Jaya untuk Perolehan Suara DPR RI, Ini 7 Partai dengan Perolehan Suara Tertinggi

Baca: Hasil Liga Inggris - Manchester United Babak Belur di Kandang Everton, Ini Kata Ole Gunnar Solskjaer

Penulis: Seni Hendri
Editor: Taufik Hidayat
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved