Korsel Programkan Aceh Bebas Cacingan

Korea International Cooperation Agency (KOICA) melalui Korea Association Of Health Promotion (KAHP) yang merupakan

Korsel Programkan  Aceh Bebas Cacingan
Kompas.com/Tigor Munthe
Tim FK UISU Medan, Sumatera Utara, saat menunjukkan cacing pita, Senin (26/3/2018). 

BANDA ACEH - Korea International Cooperation Agency (KOICA) melalui Korea Association Of Health Promotion (KAHP) yang merupakan perpanjangan tangan Pemerintah Korea Selatan (Korsel) memprogramkan Aceh Bebas Cacingan. Untuk mewujudkan program itu, KOICA-KAHP melatih para guru, laboran, hingga dokter kecil sekolah mengenai penanganan dan pencegahan cacingan.

Dalam menjalankan programnya, KOICA-KAHP bekerja sama dengan Yayasan Permata Hati Mazas, Pemko Banda Aceh dan Pemkab Aceh Besar. Program itu dibiayai penuh oleh Pemerintah Korsel.

Program yang dijalankan KOICA-KAHP yaitu peningkatan usaha kesehatan sekolah. Program itu sudah dijalankan sejak 2012 di Banda Aceh dan Aceh Besar, tujuannya untuk menciptakan lingkungan sekolah yang bersih dan anak-anak bebas dari cacing.

Secara bertahap, KOICA-KAHP terus memberi pelatihan dan penguatan kapasitas untuk para guru, laboran, hingga dokter kecil sekolah. Terakhir, mereka menggelar pelatihan pada 8-13 April 2019 di Hotel Grand Permatahati, Banda Aceh. Kegiatan itu diikuti 364 peserta dari Banda Aceh dan Aceh Besar.

Presiden KAHP, Dr Chai Jong Yil menyampaikan, program pendampingan terhadap kesehatan sekolah yang dilakukan oleh KOICA-KAHP dalam beberapa tahun terakhir sudah memberikan hasil. Program tersebut berupa pembangunan infrastruktur, peningkatan kesehatan sekolah dan pengembangan skill guru hingga petugas kesehatan.(mun)

Editor: hasyim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved