Mulai Hari Ini, Siswa SMP dan SD Ikut Ujian Nasional

Terhitung sejak Senin (22/4) hingga Kamis (25/4), murid kelas VI SD se-Kabupaten Pidie akan mengikuti Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN)

Mulai Hari Ini, Siswa SMP  dan SD Ikut Ujian Nasional
Serambinews.com
Sebanyak 91 pelajar SMP Unggul YPPU Sigli mengikuti Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) hari pertama, Senin (22/4/2019). 

SIGLI - Terhitung sejak Senin (22/4) hingga Kamis (25/4), murid kelas VI SD se-Kabupaten Pidie akan mengikuti Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN). Hal yang sama juga berlaku untuk siswa SMP yang disebut Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK).

Kepala Dinas Pendidikan Pidie, H Idhami SSos MSi melalui Kepala Bidang SD, Ibnu Abbas SPd MA kepada Serambi, Minggu (21/4), mengatakan, tahun ini USBN SD dan UNBK SMP berjalan serentak.

Di Pidie, total 278 SD peserta USBN berjumlah 8.471 murid. Rinciannya, SD sebanyak 6.155orang dan MI berjumlah 2.316 murid. Sedangkan SMP berjumlah 62 lokasi dengan jumlah peserta 4.393 pelajar. Untuk MTs sebanyak 2.585 orang, sehingga totalnya menjadi 6.978 pelajar.

Pelajaran diuji tingkat SD USBN meliputi Bahasa Indonesia, matematika, IPA. Kemudian hari terakhir Pendidikan Agama Islam (PAI). “Untuk SD masih menggunakan kertas dan pencil, belum pakai komputer seperti halnya SMP,” kata Ibnu.

Untuk distribusi soal USBN SD, sudah dibantu K3S (kelompok kerja kepala sekolah) se-Kabupaten Pidie. “Dulu ada unit UPTD, sekarang tidak ada lagi. Jadi, yang ada K3S berjumlah sembilan titik se-Kabupaten Pidie,” jawabnya.

Distribusi soal sudah dilakukan sejak Sabtu (20/4) sehingga tidak ada kendala. Soal dijaga pihak sekolah dan dipastikan tidak akan terjadi kebocoran.

Ibnu menambahkan, sebanyak 25 persen soal dipersiapkan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Kemudian 75 persen lagi dipersiapkan oleh guru atau kelompok kerja guru (KKG) di bawah koordinasi Dinas Pendidikan. Selanjutnya, para pengawas ujian diberlakukan sistem silang. Hal ini guna menjamin tidak terjadi kebocoran soal. Sedangkan untuk SMP ujian dilaksanakan dengan sistem komputer.(aya)

Editor: hasyim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved