Breaking News:

Pengamatan Hilal Terbuka untuk Umum

KAKANWIL Kemenag Aceh, Drs HM Daud Pakeh menambahkan, pengamatan hilal yang akan dilakukan terbuka untuk masyarakat umum

google/net
Pantau Hilal Untuk Menetapkan Awal Ramadhan 

KAKANWIL Kemenag Aceh, Drs HM Daud Pakeh menambahkan, pengamatan hilal yang akan dilakukan terbuka untuk masyarakat umum. Ia juga mengajak masyarakat untuk menyaksikan pengamatan hilal awal Ramadhan, karena sebelumnya akan dilakukan proses pembelajaran oleh Pakar Falakiyah Badan Hisab Rukyat Kanwil Kemenag Aceh.

Acara dimulai pukul 17.00 WIB, semua alat yang dibutuhkan untuk pengamatan akan disiapkan. “Silakan datang untuk melihat langsung untuk pembelajaran dan terbuka untuk umum. Boleh datang siapa saja, karena selama ini Pusat Observatorium Hilal Teungku Chiek Kuta Karang, Lhoknga, juga dimanfaatkan untuk pembelajaran bagi siswa, mahasiswa, dan masyarakat,” sebutnya.

Sementara anggota Tim Falakiyah Kanwil Kemenag Aceh, Alfirdaus Putra SHI MH mengatakan, berdasarkan konsep Imkanurrukyah (kemungkinan tinggi hilal yang dapat dirukyah) Ramadhan 1440 H dimulai pada Senin (6/5) dengan data ijtima’ awal Ramadhan, Minggu (5/5) pukul 05:47 WIB.

Ia menyebutkan, ketinggian hilal untuk markaz Lhoknga, Aceh Besar, 5,6011 derajat di atas ufuk, kemungkinan hilal terlihat sangat besar, karena semua kriteria penentuan awal bulan sudah terpenuhi. “Sehingga tanggal 1 Ramadhan 1440 H diperkirakan jatuh pada hari Senin 6 Mei 2019, namun tetap menunggu hasil sidang isbat,” demikian Alfirdaus.(una)

Editor: hasyim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved