Puncak Geurutee tak Terawat

Objek wisata puncak Gunung Geurutee yang berada di lintasan Jalan Nasional Banda Aceh-Meulaboh, tepatnya di pintu masuk

Puncak Geurutee tak Terawat
Pemkab Aceh jaya dan Kodim/0114, mengibarkan bendera merah putih di puncak gunung Geurutee, Aceh Jaya, Sabtu (1/8). Pengibaran bendera itu dilakukan secara serentak sebanyak sekitar 2.600 lembar dalam rangka menyabut HUT RI Ke-70 pada 17 Agustus 2015 mendatang. SERAMBI/BEDU SAINI 

* Pemerintah Dinilai Tutup Mata

CALANG - Objek wisata puncak Gunung Geurutee yang berada di lintasan Jalan Nasional Banda Aceh-Meulaboh, tepatnya di pintu masuk kawasan Kabupaten Aceh Jaya dinilai kurang mendapat perawatan sehingga terlihat kusam dan tidak asri. Oleh sebab itu, sejumlah masyarakat Aceh Jaya mendesak pemkab setempat untuk segera melakukan perbaikan dan perawatan terhadap puncak Gunung Geurutee yang menjadi ikon wisata gunung yang berlokasi di Desa Baba Ie, Kecamatan Jaya tersebut.

Seperti yang disampaikan seorang warga Lamno, Khairiat, selama ini Pemkab Aceh Jaya dituding seperti tutup mata terhadap keberadaan ikon Gunung Geurutee itu, karena tidak pernah ada perawatan terhadap objek wisata tersebut.

“Kalau kita melintas Pegunungan Geurutee, pasti kita lihat ada tulisan besar di dinding gunung `Peuniyoh Puncak Geurutee Aceh Jaya’. Itu sudah ada lama sekali, tapi tidak pernah ada perhatian, bahkan lokasinya seperti tidak terawat dengan baik,” ujarnya.

Padahal, sebut Khairat, untuk merawat dan melestarikan tulisan di puncak Gunung Geurutee tersebut tidak membutuhkan anggaran hingga ratusan juta rupiah, seperti proyek perawatan dari dinas-dinas yang ada di Aceh Jaya.

“Paling kalau hanya untuk melestarikan dan melakukan perawatan serta pelestarian tulisan yang menjadi ikon Gunung Geurutee tersebut hanya butuh dana 10 juta tiap tahunnya. Masa pemerintah tidak bisa mensiasati anggaran daerah untuk kebaikan dan kemajuan pariwisata daerah,” tanyanya.

Hal yang sama juga disuarakan warga Babah Ie, Suherman. Ia membenarkan, ikon tersebut memang tidak pernah tersentuh perhatian dari pemerintah sejak dibangun. “Ya, harapan kita cuma mau itu diperbaiki, kalau bisa ya dibangun lagi dengan bentuk lebih bagus sehingga bisa menarik minat pengguna jalan untuk singgah di kawasan puncak Gunung Geurutee ini,” tandasnya.(c52)

Editor: hasyim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved