Breaking News:

Ramadhan Tahun Ini Diperkirakan 6 Mei

Dalam rangka menyambut bulan suci Ramadhan 1440 H/2019 M, Badan Hisab Rukyat Kantor Wilayah Kementerian Agama

Ramadhan Tahun Ini  Diperkirakan 6 Mei
Tim rukyatul hilal mengamati posisi bulan pada rukyatul hilal penentuan 1 Ramadhan 1435 H di Pusat Observasi Hilal Lhoknga, Aceh Besar, Jumat (27/6) sore. Hasil pengamatan bulan sebagai tanda awal Ramadhan tidak terlihat. SERAMBI/BUDI FATRIA

BANDA ACEH - Dalam rangka menyambut bulan suci Ramadhan 1440 H/2019 M, Badan Hisab Rukyat Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kanwil Kemenag) Aceh akan melakukan pengamatan atau rukyatul hilal awal Ramadhan, di Gedung Pusat Observatorium Teungku Chiek Kuta Karang, Lhoknga, Aceh Besar, Minggu (5/5).

Untuk tingkat provinsi, Kanwil Kemenag Aceh akan memantau hilal di Pusat Observatorium Teungku Chik Kuta Karang Lhoknga pada 5 Mei. “Hasilnya nanti akan kami laporkan kepada Menteri Agama sebagai bahan pertimbangan dalam sidang isbat penentuan awal Ramadhan 1440 H,” kata Kakanwil Kemenag Aceh, Drs HM Daud Pakeh dalam siaran pers yang diterima Serambi, Minggu (21/4).

Dijelaskan, meski secara perhitungan, Ramadhan 1440 H diperkirakan jatuh pada Senin, 6 Mei 2019 dan sudah ada juga organisasi masyarakat (ormas) yang menetapkan awal Ramadhan 1440 H pada tanggal tersebut, namun Kanwil Kemenag Aceh mengimbau kepada masyarakat untuk penetapan 1 Ramadhan 1440 H harus menunggu keputusan Menteri Agama yang akan ditetapkan dalam sidang isbat.

“Ramadhan tahun ini berpotensi dimulai secara bersamaan pada hari Senin, 6 Mei 2019. Namun untuk kepastiannya tetap menunggu sidang isbat pemerintah yang dipimpin Menteri Agama,” ujarnya.

Daud Pakeh menambahkan, selain di Gedung Pusat Observatorium Teungku Chiek Kuta Karang, Lhoknga, Aceh Besar, Kanwil Kemenag Aceh juga akan melakukan pengamatan hilal di tujuh lokasi lainnya. Yaitu di Aceh Utara-Lhokseumawe tepatnya di Bukit Poli Kompleks Perta Arun Gas atau Bukit Cot Semen Muara Dua, Gunung Cring Cran, Aceh Jaya, Pantai Suak Geudeubang, Aceh Barat, Pantai Lhok Keutapang, Aceh Selatan, Pantai Desa Nacala, Kecamatan Teupah, Barat Simeulue, Tugu Kilometer Nol Indonesia, Sabang, dan Pantai Ujong Manggeng, Aceh Barat Daya.

Pihaknya, sudah menginstruksikan kepada beberapa Kankemenag kabupaten/kota untuk melakukan koordinasi dengan Mahkamah Syariyah, Dinas Syariat Islam, Majelis Permusyawaratan Ulama, instansi terkait, ormas Islam dan tokoh masyarakat. “Dan hasilnya nanti dilaporkan kepada Kanwil Kemenag Aceh melalui Bidang Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah,” ujarnya.(una)

Editor: hasyim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved